Temukan Daging Gelonggongan

295
CEK GELONGGONGAN : Tim gabungan saat memeriksa daging yang dijual pedagang di Pasar Rejowinangun, Selasa (12/6). (IST)
CEK GELONGGONGAN : Tim gabungan saat memeriksa daging yang dijual pedagang di Pasar Rejowinangun, Selasa (12/6). (IST)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sebanyak 10 pedagang di Pasar Rejowinangun kedapatan menjual daging sapi gelonggongan dan ayam tiren atau bangkai. Kondisi ini diketahui saat tim gabungan dari Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Satpol PP juga kepolisian menggelar razia penjualan daging dan hasil ternak, Selasa (12/6) pagi. Tim menyita sekitar 32,5 kilogram daging sapi gelonggongan siap edar dan 5,5 kilogram daging ayam tiren.

“Temuan tersebut hasil sitaan dari 5 pedagang daging sapi dan 5 pedagang daging ayam,” kata Kepala Disperpa Kota Magelang Eri Widyo Saptoko.

Agar tidak disalahgunakan lagi, hasil sitaan tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar. Sementara para pedagang nakal tersebut, diberikan pembinaan. “Semua yang terkena operasi telah mengakui kesalahannya. Mereka juga mengisi surat pernyataan untuk tidak mengulanginya lagi,” tuturnya. Jika masih bandel dan terjaring razia lagi, maka akan diproses secara hukum.

Eri juga tidak mengetahui pasti, daging-daging tak layak konsumsi itu berasal. Pasalnya, pedagang yang terciduk tim gabungan enggan membeberkan pemasoknya. “Mereka tidak menyebut secara spesifik, hanya dari arah timur,” imbuhnya. (put/had/ton)