Targetkan 356.747 Pengunjung

212
KEAJAIBAN DUNIA : Sejumlah pengunjung sudah terlihat memadati Candi Borobudur selama musim liburan menjelang Lebaran 2018. (Ahsan fauzi/radar kedu)
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Animo masyarakat berkunjung ke Candi Borobudur Magelang cukup tinggi. Pada H-2 Lebaran tahun ini, ribuan wisatawan asing dan domestik sudah mengunjungi candi yang masuk dalam keajaiban dunia tersebut. Wisatawan domestik yang berkunjung kebanyakan pemudik di wilayah Jawa Tengah, DIY dan sekitarnya.

“Saya mudik ke Solo. Sebelum Lebaran ini, memang saya agendakan berkunjung ke Candi Borobodor. Saya pilih sebelum Lebaran, supaya lebih maksimal. Kalau setelah Lebaran pasti berjubel,” ucap Heru Wardiyono pengunjung asal Cikupa Tangerang, Selasa (12/6).

Heru mengaku, kunjungan kali ini merupakan yang kedua, setelah 20 tahun lalu berwisata ke Borobudur. “Kalau istri yang pertama kalinya,” terang Heru didampingi istri, dua buah hati dan satu keponakannya.

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Edy Setijono menuturkan, pada Lebaran 2018 ini, pihaknya menargetkan 356.747 pengunjung selama 12 hari. Target tersebut meningkat 7,5 persen dari Lebaran tahun 2017. “Hari ini (kemarin, red) sudah mulai ramai pengunjung. Rekap sampai pukul 15.30 sudah ada 5.215 pengunjung. Prediksi puncak keramaian pada H+4 Lebaran, Selasa tanggal 19 Juni, ditarget 56.998 pengunjung,” ucapnya. (san/ton)