Stok Darah Golongan A Menipis

105

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Stok darah untuk wilayah Kabupaten Semarang semakin menurun. Hal tersebut dipicu makin minimnya pendonor, sementara kebutuhan darah terus meningkat.

“Khususnya stok golongan darah A memang sangat menipis,” ujar Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Semarang, Dafiq Soleh. Hingga kini stok golongan darah A hanya 17 kantong.

Menurunnya stok darah golongan A disebabkan jumlah pendonor untuk golongan A lebih sedikit setelah golongan AB. Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan PMI Yogyakarta untuk bantuan stok darah. Hal itu dilakukan khusus menghadapi Lebaran 2018 ini.

Sementara untuk stok golongan darah B sebanyak 29 kantong, golongan darah O sebanyak 136 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 10 kantong. Jumlah tersebut, hanya akan bertahan sampai H+7 Lebaran.

Sejak awal puasa, jumlah pendonor untuk wilayah Kabupaten Semarang memang menurun, jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. “Setelah tanggal 24 Juni 2018 kita jamin stok darah kembali normal,” katanya.

Kekurangan stok golongan darah A memang bukan hanya terjadi pada saat masa Lebaran 2018 ini saja, tapi juga Lebaran tahun lalu.

Tahun lalu, kekurangan stok golongan darah A tersebut disiasati dengan mendatangi beberapa gereja di Kabupaten Semarang.

Pihaknya akan melakukan jemput bola untuk mencari pendonor. Utamanya saat arus mudik dan bali Lebaran seperti saat ini. Apalagi wilayah Kabupaten Semarang merupakan jalur bagi pemudik menuju ke Solo atau Yogyakarta, baik melalui jalan nasional maupun jal tol. Berdasarkan data dan tren permintaan darah di PMI Kabupaten Semarang untuk golongan darah A memang tidak aman.

“Karena secara keseluruhan untuk kegiatan donor jumlah golongan A lebih sedikit setelah golongan AB. Dan permintaan golongan A lebih banyak dibandingkan yang lain,” katanya.

Sebagai langkah antisipatif memenuhi stok darah golongan A ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para pendonor golongan darah A untuk datang langsung ke Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Semarang. (ewb/zal)

Silakan beri komentar.