Ratusan TPS Berstatus Rawan

116

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Salatiga mengadakan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang masuk kategori rawan dalam pemilihan gubernur (Pilgub) mendatang. Berdasar pemetaan di pemilu lalu, ada ratusan TPS yang masuk kategori rawan.

Ketua Panwaslu Kota Salatiga Agung Ari Mursito kepada wartawan menuturkan, pemetaan dilakukan oleh semua komponen panwas. Kegiatan dimulai tanggal 10-22 Juni. “Pemetaan dilakukan oleh pengawas TPS yang akan langsung turun ke lapangan untuk melakukan penggalian data,” terang Agung Ari saat dikonfirmasi wartawan, kemarin.

Kerawanan yang dimaksud, apabila TPS memiliki enam indikator tertentu yang sudah ditetapkan oleh Bawaslu. Diantaranya, TPS disekitar rumah sakit yang berpotensi ada yang kehilangan hak pilih. Kemudian TPS yang diwilayahnya ada aktor yang dicurigai melakukan politik uang.

Setelah ada pemetaan, Panwas bisa melakukan upaya antisipasi potensi pelanggaran dan juga bisa melakukan strategi pencegahan untuk setiap TPS. Sehingga setelah ada data, bisa ada perlakuan berbeda antara satu TPS dengan TPS yang lain.

Setelah data pemetaan 391 TPS di kota Salatiga terkumpul, Panwas akan melakukan analisis data sampai tanggal 24 Juni. Dari hasil analisis data itulah, panwas bisa mengetahui jumlah pasti TPS yang rawan di Salatiga.

Namun jika mengacu kepada Pilkada kota Salatiga lalu, terdapat 139 TPS yang masuk kategori rawan. Namun saat Pilkada jumlah TPSnya lebih sedikit, yakni selisih 5 TPS yakni 386 titik. Jika indikator masih sama, tidak tertutup kemungkinan yang masuk dalam kategori TPS rawan jumlahnya tidak mengalami banyak perubahan. (sas/bas)

Silakan beri komentar.