Piala Dunia 2018 Bakal Dibikin Bising oleh Sepasang Sendok

113

JawaPos.com – Delapan tahun lalu, seluruh stadion yang menjadi venue Piala Dunia 2010 dibuat bising oleh alat tiup khas Afrika yang bernama Vuvuzela. Empat tahun kemudian atau di Piala Dunia 2014, fans Brasil memperkenalkan alat musik tradisional bernama Caxirola. Lantunan instrumen Caxirola kerap terdengar di seluruh stadion di Brasil.

Bagaimana tahun ini? Hampir seluruh stadion di Rusia bakal tetap bising. Tentu saja bukan disebabkan oleh Vuvuzela ataupun Caxirola. Stadion di Rusia nantinya bakal dibikin bising oleh alat musik tradisional Rusia bernama Lozhkas.

Lozhkas dalam bahasa Rusia artinya adalah sendok. Dan, alat musik ini bentuknya memang menyerupai alat makan tersebut. Suara yang keluar dari Lozhkas cukup nyaring, namun ritmenya lebih tenang.

Cara penggunaannya pun sederhana. Dua alat yang menyerupai sendok kayu, dipegang berhadap-hadapan pada bagian belakangnya. Lalu, dipukul dengan sepertiga ketukan.

Suporter yang kurang terampil dapat membeli versi plastiknya. Versi ini di bagian bawah sudah disatukan sehingga lebih mudah untuk dimainkan.

“Itu (Caxirola) terdengar seperti sarang lebah dan sangat berisik, juga tidak memungkinkan Anda untuk menepuk ritme,” ucap Rustam Nugmanov, desainer yang ditunjuk pemerintah Rusia untuk membuat desain alat musik khas di Piala Dunia seperti dikutip Reuters.

“Jadi kami memilih Lozhkas,” pungkas dia. 

feb/bas

Silakan beri komentar.