Pelatih Timnas Spanyol Terancam Pulang Lebih Cepat dari Rusia

146

JawaPos.com – Putusan Real Madrid mengumumkan Julen Lopetegui sebagai pengganti Zinedine Zidane membuat murka Presiden Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Manuel Rubiales. Dia tak habis pikir kenapa Madrid mengumumkan perekrutan Lopetegui hanya beberapa hari sebelum La Furia Roja bertanding di Piala Dunia.

Seperti dilansir Marca, Rubiales mengaku paham kalau Madrid tengah butuh pelatih baru. Dan itu memang sebuah kondisi yang harus segera diatasi.

Tapi, sosok berkepala plontos ini heran kenapa perekrutan Lopetegui harus diumumkan ke publik saat ini. Karena, menurut Rubiales, hal ini bisa berdampak buruk bagi kondisi mental skuad La Furia Roja.

julen lopetegui
Julen Lopetegui kini menghadapi ancaman pemecatan akibat terlalu cepat dinyatakan sebagai pelatih baru Real Madrid. (AFP)

Rubiales pun merasa ‘dikhianati’ oleh Lopetegui yang sebenarnya masih terikat kontrak hingga 2020. Akibatnya memang buruk. Menurut Marca, RFEF kini tengah mempertimbangkan untuk memecat Lopetegui sebelum jalani laga pertama mereka melawan Portugal, Jumat (15/6) nanti.

Hal ini diungkapkan Rubiales secara eksplisit kepada media pada saat tiba homebase Timnas Spanyol di Krasnodar, Selasa (12/6). Dia memastikan bahwa Timnas Spanyol akan mendapat hal terbaik dan bertanggung jawab penuh soal situasi sang pelatih.

“Ini bukan saatnya untuk berbicara (soal Lopetegui), tapi kami akan membuat putusan terbaik bagi Timnas. Kami akan berusaha membuat sebuah putusan yang bisa dipertanggungjawabkan,” ucap Rubiales kepada Marca.

Meski demikian, memecat Lopetegui tepat saat akan bertanding di Piala Dunia 2018 tentu akan melahirkan situasi yang lebih rumit. Apalagi Lopetegui punya catatan apik sepanjang menangani Sergio Ramos dan kawan-kawan. Meninggalkan Timnas tanpa pelatih di Piala Dunia tentu bukan hal yang baik.

(adw/JPC)

Silakan beri komentar.