Legenda Jerman ini Sebut Jerman Susah Juara di Piala Dunia 2018

197

JawaPos.com – Legenda sepak bola Jerman Jurgen Klinsmann menuturkan bahwa Jerman akan sulit mempertahankan gelar juara mereka di Piala Dunia 2018.

Jerman merupakan jawara Piala Dunia 2014 di Brasil. Tampil superior di seluruh laga, Der Panzer yang kala itu masih dikapteni Philipp Lahm sukses merebut gelar juara kelima mereka setelah memecundangi Argentina 1-0 di partai final. Mereka juga sukses menghancurkan tim tuan rumah Brasil dengan skor 7-1.

Namun, Klinsmann menilai bahwa penampilan menakjubkan Jerman empat tahun lalu rasanya bakal sulit terulang di Rusia pada 14 Juni – 15 Juli mendatang. “Sebagai juara bertahan, sangat sulit untuk mempertahankan determinasi yang sama seperti empat tahun lalu. Semua negara saat ini pasti ingin mengalahkan kami,” ujar Klinsmann seperti dilansir xinhuanet.com.

Klinsmann punya alasan sendiri soal pendapatnya tersebut. Menjadi salah satu pahlawan Jerman di Piala Dunia 1990, Klinsmann mengalami sendiri sulitnya mempertahankan gelar juara. Ia dan kawan-kawannya gagal mempertahankan trofi di Piala Dunia 1994.

“Kami gagal di tahun 1994 karena gagal membangun atmosfir dan semangat juang yang sama seperti di tahun 1990,” kata Klinsmann.

Mantan penyerang Bayern Munchen itu mengatakan, Argentina dan Brasil akan menjadi dua negara yang paling haus gol di Piala Dunia kali ini. “Prancis dan Spanyol juga akan sangat sulit dikalahkan,” katanya.

Karenanya, Klinsmann menuturkan bahwa jika pelatih Joachim Loew dan anak-anak didiknya bisa kembali mempersembahkan trofi juara di tahun ini, ia akan sangat bangga. “Jika mereka berhasil jadi juara lagi di tahun ini, sudah selayaknya semua medali yang ada mereka bawa pulang. Hal itu akan jadi peristiwa yang sangat besar,” kata Klinsmann.

(kar/JPC)

Silakan beri komentar.