Jembatan Grinwel Dibuka Menteri PUPR

261

DIBUKA : Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membuka jembatan fungsional tol Kalikuto Gringsing Weleri Rabu (13/6/2018). Namun jembatan ini baru satu lajur yang bisa dilewati kendaraan arah Jakarta ke Semarang.

BATANG – Jembatan fungsional tol Kalikuto Gringsing Weleri (Grinwel) yang menghubungkan Kabupaten Batang – Kabupaten Kendal dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono dan Bupati Batang Wihaji.
Namun pada jembatan tol fungsional kali ini hanya baru satu lajur yang bisa dilewati kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang. “Hari ini jembatan resmi dibuka, untuk tol fungsional. Sementara masih satu lajur. Ini membantu untuk memperlancar arus kendaraan terutama di jalur tol fungsional,” kata Basuki di Jembatan Kalikuto Grinwel, Rabu (13/6/2018).
Jembatan sepanjang 160 meter itu berjenis ‘baja pelengkung’. Jembatan itu didesain memiliki 6 jalur, yakni tiga ke Semarang dan tiga ke arah Jakarta. Karena bersifat sementara untuk dilintasi yang dilapisi lempengan besi, di lajur lainnya masih dilakukan untuk samping kiri dan kanan lempengan diberi pembatas namun mampu Jembatan ini mampu dilintasi kendaraan dengan kapasitas 16 ton.
“Saat ini jembatan masih dibuka untuk 1 arah yakni ke Semarang. Nantinya, saat arus balik jembatan hanya bisa dilintasi untuk sebaliknya, yakni dari Semarang ke Jakarta yang akan di buka hari Senin (20/6/18) pukul 06.00,” jelas Basuki.
Dalam kesempatan tersebut Menteri PU PR Basuki Hadimuljono dan Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono mencoba melintasi dengan mengendarai dump truck. Mereka berhasil melewati dengan lancar.
Setelah dibuka terjadi antrean panjang, karena kendaraan yang berasal arah Jarakarta harus bergantian melintasi jembatan sehingga kendaraan pun harus memperlambat lajunya. (han/lis)