Jelang Lebaran, Harga Cabai Merah Keriting Semakin Pedas

117

Salah satu pedagang sayuran di Pasar Bitingan Kudus Jumiatun mengatakan, kenaikan yang signifikan sejak tiga hari lalu. ”Sangat terasa cabai merah keriting dari harga Rp 18 ribu per kilogram menjadi Rp 38 ribu per kilogram,” paparnya kemarin.

Meski naik, namun sayuran lainnya stabil. Untuk bawang merah saat ini harga Rp 30 ribu per kilogram. Bawang putih tidak ada kenaikan Rp 24 ribu kilogram.

Sementara, pedagang sembako Nia mengatakan, telur saat ini mengalami penurunan harga dari Rp 24 ribu per koligram menjadi Rp 22 ribu per kilogram. Dia mengatakan, minyak goreng curah juga stabil Rp 12 ribu per liter.

”Berbeda dengan tahun sebelumnya semua bahan pokok meningkat. Justru, tahun ini telur dan minyak stabil. Stok selalu ada. Tidak pernah terlambat pengiriman,” jelasnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti yang turut memantau harga sembako mengatakan, harga cabai tidak bisa dikendalikan karena suplai dari luar Kudus dan berdasarkan kondisi panen.

”Berbeda dengan ayam ras dan telur yang ada peternak atau pengepul ayam. Kami bisa menekan harga. Sudah ada kesepakatan kalau jelang Lebaran ayam ras harga dari pengepul Rp 21 ribu per kilogram dan sampai ke konsumen antara Rp 30 ribu per kilogram. Itu wajar,” jelasnya.

Dia menambahkan, harga sembako dan sayur mayur di Kudus tergolong aman, sehingga tim pantauan dari Semarang kembali lagi karena dirasa sudah terkendali. Selain sayur dan sembako, harga daging sapi dan kerbau juga relatif stagnan tidak ada kenaikan.

(ks/san/ris/lil/top/JPR)

Silakan beri komentar.