Cuti, Dispendukcapil Tetap Buka

392
MENINGKAT : Kantor Dispendukcapil Kota Semarang dipadati masyarakat yang mengurus akta keluarga, e-KTP hingga urusan menikah.  (M NUR WAHIDI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MENINGKAT : Kantor Dispendukcapil Kota Semarang dipadati masyarakat yang mengurus akta keluarga, e-KTP hingga urusan menikah.  (M NUR WAHIDI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG—Meskipun beberapa instansi telah libur menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439, namun kantor Dispendukcapil Kota Semarang masih membuka pelayanan. Ratusan warga Kota Semarang memadati kantor tersebut untuk mengurus akta keluarga sampai dengan e-KTP hingga urusan menikah.

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Dispendukcapil Kota Semarang, Meta Natalie mengatakan bahwa saat ini semua instansi pemerintah telah cuti bersama. Namun kantor Dispendukcapil tetap buka mulai 11-14 Juni, 15-17 Juni libur Lebaran dan pada 18-20 Juni buka kembali. “Mereka yang libur tetap libur. Kami memberlakukan piket bagi karyawan yang berjumlah 21 orang untuk melayani masyarakat,” katanya.

Meta mengaku pelayanan surat-surat tidak ada peningkatan dan tetap seperti hari-hari biasa. Tetapi karena ada lowongan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pendaftaran sekolah, maka pengurusan dan legalisir mengalami peningkatan. “Karena waktunya sudah mepet, masyarakat tetap mengurus dan melakukan legalisir, meskipun mendekati Lebaran,” imbuhnya.

Untuk pendaftaran sekolah itu sendiri, menurutnya, tidak perlu melakukan legalisir ijazah, KTP maupun surat KK. Tetapi masyarakat tetap melakukan legalisir. Lain halnya untuk pendaftaran Aparatur Sipil Negara (ASN), memang harus dilakukan legalisir.

“Ini sudah saya konfirmasi ke kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang bahwa pendaftaran sekolah tidak perlu dilegalisir. Tetapi masyarakat maunya dilegalisir, ya sudah tidak apa-apa,” tambahnya.

Salah seorang warga, M Bahtiar mengaku dengan adanya layanan di hari cuti ini, sangat membantu masyarakat mengurus berbagai surat mulai dari KK sampai pengurusan akta nikah maupun akta orang meninggal. “Layanan pegawai di Dispendukcapil ini ramah-ramah. Bahkan memberikan solusi, jika ada kekurangan surat pendukung,” katanya. (hid/ida)