Tiga Jalur Antisipasi Kemacetan

230
MUDIK LEBARAN: Sejumlah kendaraan pemudik melintasi di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Jati, Kudus, kemarin. (FARUQ HIDAYAT/RADAR KUDUS)
MUDIK LEBARAN: Sejumlah kendaraan pemudik melintasi di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Jati, Kudus, kemarin. (FARUQ HIDAYAT/RADAR KUDUS)

RADARSEMARANG.COM, KUDUS – Jalur alternatif telah disiapkan. Ini mengantisipasi terjadinya kemacetan. Sebab, arus mudik dan balik biasanya terjadi lonjakan jumlah kendaraan. Agar terhindar dari kemacetan pemudik bisa memanfaatkan jalur alternatif.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning melalui Kasatlantas AKP Eko Rubiyanto mengatakan, telah membuat jalur alternatif. Jalur itu telah dikaji bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus.

Pihaknya bersama Dishub membuat Peta Penggal Jalan Jalur Kemacetan dan Jalur Alternatif. Peta ini untuk memudahkan mengurai kemacetan. Peta itu terdiri dari tiga jalur alternatif. Yakni, dari Kudus ke Pati dan sebaliknya.

”Jika terjadi kemacetan dari Kudus ke Pati bisa ambil rute atau jalur jalannya yakni Simpang Empat Kerawang ke kiri untuk menuju Pati,” terangnya.

Lalu, lanjutnya, dari Pati ke Kudus bisa melintasi Simpang Tiga Gembong ke kiri. Pengendara nantinya melintasi Jalan Desa Kandangmas hingga Simpang Empat Kerawang ke kanan untuk menuju Kudus.

”Jalur itu merupakan jalan desa. Jalannya sempit dan licin bila hujan, banyak tikungan tajam dan penggal jalan. Jalan tanjakan dan turunan tajam. Kondisi jalan ada sebagian yang mengalami rusak ringan. Hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi dan jarak tempuh kurang lebih 15 kilometer,” ujarnya.

Kemudian, jalur alternatif dari Kudus ke Pati dan sebaliknya. Rute dari Simpang Empat Jepang menuju Jalan Mejobo. Nantinya pengendara melintasi Desa Hadipolo, Jojo, Sadang. Dari Simpang Tiga Sadang menuju kanan atau Pati.

Sedangkan, dari Pati ke Kudus pengendara mulai Gadu menuju Simpang Tiga Sadang ke kiri. Pengendara akan melintasi Jalan Desa Sadang, Jojo dan Simpang Tiga Hadipolo. Selepas itu, Jalan Mejobo dan Simpang Empat Jepang. Pengendara dapat ke kiri untuk melintasi jalur lingkar atau menuju Semarang.

”Jalan itu merupakan jalan desa, sempit dan padat arus. Banyak tikungan dan penggal – penggal jalan serta terdapat Pasar dan pertokoan. Lalu, pada malam hari kurang penerangan jalan sehingga jalan gelap,” jelasnya.

Kasatlantas menambahkan, alternatif tiga dari Pati ke Kudus atau semarang. Rute dari pati melintasi Simpang Tiga Gondoharum ke kiri. Pengendara menuju Jalan Desa Bulung Cangkring menuju Jalan Desa Bulung Kulon, Sadang, dan Jojo. Nanti di Simpang 3 Hadipolo ke kiri untuk menuju Desa Mejobo dan jalur lingkar untuk ke Semarang.

”Kondisi jalan itu sama dengan jalur alternatif dua dari Pati ke Kudus dan sebaliknya. Hanya saja sebagian jalan di Desa Gondoharum mengalami kerusakan,” paparnya. (ruq/ris/jpg/ton)