SPBU Diminta Sediakan Lahan Parkir Pemudik

209

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Pengusaha SPBU yang berada di jalur mudik atau jalur wisata, diimbau menyediakan lahan parkir kepada pemudik sebagai tempat beristirahat. Hal ini sebagai bentuk pelayanan pada masyarakat, mengingat padatnya arus kendaraan.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Yanuar Budi Hartanto mengatakan bahwa pergerakan arus mudik Lebaran 2018 sudah mulai terasa. Sejumlah ruas jalan yang dijadikan jalur mudik mulai padat.

“Selain pos-pos mudik yang didirikan oleh sejumlah pihak, SPBU juga kerap dijadikan oleh para pemudik sebagai tempat untuk istirahat sementara, di tengah kemacetan,” ujarnya, kemarin.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar lahan di SPBU yang biasa dijadikan tempat parkir bagi kendaraan berat atau truk diharapkan sudah tidak ada lagi sampai masa arus mudik dan balik Lebaran usai.

“Untuk sementara space-nya digunakan yang mudik. Kami harapkan tidak ada truk parkir di areal SPBU. Terkait hal ini, pengusaha SPBU sudah kami beri imbauan untuk memberi ruang khusus pemudik dan melarang kendaraan berat parkir di areal SPBU,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pengusaha SPBU juga diminta mengoptimalkan lokasi rest area yang ada untuk kebutuhan para pemudik. Sehingga ketika para pemudik masuk wilayah Jateng dan memilih berhenti di SPBU tidak kesulitan mengakses lahan parkir.

“Daripada mereka istirahat atau berhenti di pinggir jalan, tentu sangat membahayakan. Oleh karena itu, lebih baik SPBU yang ada dimanfaatkan untuk beristirahat. Ini bisa menjadi lokasi istirahat yang strategis, karena selain ada pengisian BBM, toilet, juga sejumlah fasilitas lain,” ujarnya. (dna/ida)