Siapkan 45 Petugas Kebersihan

423

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang akan menerjunkan sekitar 45 petugas kebersihan untuk membersihkan sampah pada malam takbiran hingga libur Lebaran 1439 Hijriyah. Mereka terdiri dari petugas penyapu jalan, dan pengangkut sampah.

“Personel ini akan bertugas di malam takbir, salat id, dan selepas hari Lebaran,” kata Kabid Pengelolaan dan Penanganan Persampahan DLH Kota Magelang, R Jaka Prawistara.

Saat malam takbir, petugas akan dibagi ke tiga zona. Wilayah utara berada di sekitar RSJ Prof Dr Soerojo Magelang hingga Kebonpolo, wilayah selatan sekitar Lembah Tidar, Jalan Tidar hingga Jalan Gatot Soebroto, serta wilayah tengah di sekitar Alun-alun, Jalan Pemuda dan Jalan Tentara Pelajar.

“Kami pastikan volume sampah di sekitar titik-titik keramaian itu sekitar 3-5 ton. Ada10 armada truk pengangkut sampah kami kerahkan, sekaligus untuk mengambil sampah-sampah yang ada di depo-depo, sehingga harus tuntas sebelum salat id,” tuturnya.

Kemudian, petugas kebersihan harus memastikan sekitar Masjid Agung dan alun-alun Kota Magelang, juga Lapangan Rindam IV/Diponegoro bebas dari sampah. Baik dari tumpukan sampah saat malam takbiran, hingga usai masyarakat Kota Magelang selesai melaksanakan salat id. “Usai salat id, biasanya banyak sekali sampah kertas koran yang digunakan jamaah untuk alas,” imbuhnya.

Jaka mengklaim tidak ada hari libur Lebaran bagi petugas kebersihan untuk menjaga agar kota tetap bersih dan nyaman. Setelah Lebaran, ia memrediksi volume sampah akan naik 20 persen dari hari biasa seberat 70 ton per hari. Sampah rumah tangga akan mendominasi.

“Kami harap, masyarakat ikut membantu dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dan di tempat-tempat umum sudah kami sediakan tempat sampah. Khusus di Alun-alun dan sekitarnya, ada 40 titik tempat sampah yang kami sediakan,” ungkapnya. (put/ton)