Jalan Pajajaran ke Pecinan Ditutup

334
DITEGUR : Anggota Satlantas Polres Magelang Kota mengingatkan masyarakat agar memarkirkan kendaraan roda empat di kawasan Jalan Pemuda atau Pecinan dengan posisi sejajar, Senin (11/6). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
DITEGUR : Anggota Satlantas Polres Magelang Kota mengingatkan masyarakat agar memarkirkan kendaraan roda empat di kawasan Jalan Pemuda atau Pecinan dengan posisi sejajar, Senin (11/6). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Semakin padatnya jumlah kendaraan yang melintas di kawasan Jalan Pemuda atau Kawasan Pecinan, membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang memberlakukan rekayasa lalu lintas. Rekayasa tersebut dengan memberlakukan penutupan beberapa ruas jalan yang menuju Jalan Pemuda.

Kepala Dishub Kota Magelang Suryantoro menjelaskan, jalan yang ditutup adalah Jalan Pajajaran dari arah barat yang menuju Jalan Pemuda. Penutupan arus lalu lintas khususnya kendaraan roda empat tersebut dilakukan di simpang empat dekat Pasar Tukangan. Penutupan ini untuk mencegah kemacetan di jalur keluar Jalan Pajajaran ke Jalan Pemuda yang jaraknya terlalu dekat dengan lampu pengatur lalu lintas di perempatan Pasar Rejowinangun.

“Dengan adanya penutupan arus lalu lintas khususnya bagi kendaraan roda empat tersebut, arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Pecinan melalui Jalan Pajajaran, dialihkan melewati Jalan Jenggala dan keluar ke arah Jalan Pemuda melalui Jalan Pajang,” jelas Suryantoro.

Selain melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Pemuda, pihaknya juga telah melakukan rekayasa tempat parkir sepanjang kawasan Pecinan Jalan Pemuda. Parkir sepeda motor yang semula parkir di bahu jalan dipindahkan ke sebagian trotoar sebelah timur, dan parkir mobil diubah dari semula miring 30 derajat menjadi nol derajat atau sejajar satu lajur.

“Rekayasa parkir kendaraan bermotor di Kawasan Pecinan ini dilakukan agar selama menjelang dan setelah hari raya Lebaran tidak terjadi kemacetan yang parah,” kata Suryantoro.

Pemberlakuan penataan parkir di sepanjang Jalan Pemuda Kota Magelang dimulai sejak Jumat (8/6) hingga H+7 Lebaran atau 22 Juni mendatang. Penataan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan serta memperlancar arus lalu lintas sepanjang 1 kilometer di kawasan tersebut.

“Kebijakan pemberlakuan penataan parkir di sepanjang Jalan Pemuda Kota Magelang, khususnya menjelang Lebaran pernah dilakukan pada tahun lalu dan hasilnya cukup maksimal dalam mengurai kemacetan di kawasan tersebut,” jelas Suryantoro. (had/ton)