Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik, Siap Kena Sanksi

98

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Selama cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang dilarang menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi. Seperti mudik ke kampung halaman atau untuk berkunjung ke rumah sanak saudara saat Lebaran.

“Sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB), kendaraan dinas tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono.

Dia mengungkap, pemkot juga menerbitkan SE yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda), dan dikirim ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Isi surat tersebut menegaskan bahwa mobil dinas hanya boleh digunakan untuk kegiatan kedinasan. Pasalnya, mobil pelat merah tersebut merupakan fasilitas milik negara. “Saat ini yang menggunakan mobil dinas selama Lebaran seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dan sebagainya, karena berkaitan dengan pelaksanaan tugas kedinasan pengamanan selama Lebaran,” ujarnya.

Sedangkan mobil-mobil dinas yang lain, lanjut Aris, disimpan di unit kerja masing-masing. Ia mengimbau agar pengamanan kantor dinas ditingkatkan selama libur nasional. “Jika ada pegawai yang ketahuan menggunakan mobil dinas untuk kepentingan pribadi, maka akan ditegur. Yang pasti sanksinya itu moral, karena menyalahi kode etik seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).” (put/ton)

Silakan beri komentar.