Libur Lebaran, Layanan Kesehatan Tetap Siaga

346
TINJAU KESIAPAN: Wabup Joko Sutanto didampingi Sekda dr Singgih Setyono MMR meninjau posko mudik lebaran diwilayah barat, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TINJAU KESIAPAN: Wabup Joko Sutanto didampingi Sekda dr Singgih Setyono MMR meninjau posko mudik lebaran diwilayah barat, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Sebanyak 26 puskesmas disiagakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang menghadapi arus mudik lebaran 2018. Kepala Dinkes Kabupaten Semarang Ani Raharjo mengungkapkan selain puskesmas, pihaknya juga bekerjasama dengan lima rumah sakit di Kabupaten Semarang.

“Puskesmas tersebut semuanya memiliki tenaga medis yang siaga 24 jam. Kegiatan ini dimulai H-7 sampai H+7 lebaran,” ujar Ani, Minggu (10/6). Selain itu pihaknya juga menyiagakan 7 klinik rawat inap. Semuanya dalam mode siaga 24 jam selama sebelum dan sesudah lebaran.

Dikatakan Ani, pihaknya juga dibantu dari organisasi Muhammadiyah Kabupaten Semarang dengan penyediaan mobil ambulans. Dimana kesemua mobil ambulans tersebut tersebar di empat wilayah.

Diantaranya Kecamatan Ungaran, Kecamatan Suruh, Kecamatan Pringapus, Kecamatan Banyubiru. “Juga dari PMI. Kami juga bertugas memberikan pelayanan di posko kesehatan di tempat,” tuturnya.

Sementara itu sejumlah pos pelayanan kesehatan dari Dinkes Kabupaten Semarang juga disiagakan di beberapa titik. Antaralain, di terminal Bawen, rest area Ungaran, Rest area tol kilometer 22B, rest area tol Bawen, dan rest area tol Salatiga di kilometer 49A dan B.

“Juga di PIKK Lopait Tuntang, di jalur tol fungsional di Desa Koripan Kecamatan Susukan. Masing-masing kita lengkapi dengan tenda, mobil ambulan, tenaga medis, dan obat-obatan,” ujarnya.

Dinkes Kota Salatiga selama arus mudik dan balik Lebaran nanti juga tetap akan mengoperasional Puskesmas Sidorejo Lor dan Cebongan selama 24 jam. Keputusan ini dilakukan untuk melayani masyarakat dan pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat melintasi Kota Salatiga.

Kepala Dinkes Kota Salatiga Siti Zuraidah kepada media mengatakan, selain membuka pelayanan 24 jam di dua Puskemas, Dinkes juga menyiagakan tim medis yang terdiri dari dokter, paramedis dan sopir ambulans di Puskesmas yang tidak buka 24 jam serta menyiagakan tim medis dan para medis di pos keamanan lebaran bergabung dengan kepolisian dan aparat lainnya.

“Kami siap memberikan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat dan pemudik yang melintasi Salatiga. Dua Puskesmas lokasinya berada di pinggir jalur mudik tetap buka 24 jam,” terang Zuraidah, kemarin.

Puskesmas Sidorejo Lor berada di jalan Diponegoro, Bancaan. Sementara puskesmas Cebongan berada di jalan Soekarno-Hatta, isep-isep, Tingkir. Dia menjelaskan, pelayanan yang diberikan Puskesmas selama buka 24 jam sama seperti hari biasa. Satu puskesmas terdapat dokter, pegawai paramedis, sopir dan satu unit kendaraan medis. “Yang jelas, kami siap memberikan pelayanan terbaik. Kami juga telah menyiapkan tim untuk menangani kejadian luar biasa,” pungkasnya.

Sementara di Demak, jalur mudik di wilayah Demak dinyatakan telah siap dilalui masyarakat yang akan merayakan hari raya Idul Fitri mendatang. Untuk memastikan kesiapan itu, Bupati HM Natsir bersama Wabup Joko Sutanto dan Sekda dr Singgih Setyono MMR meninjau langsung ke posko lebaran yang didirikan bersama instansi terkait.

Beberapa posko lebaran itu antara lain, pos pelayanan didepan SMPN 1 Demak gabungan dari Polres dan PMI. Kemudian, pos terpadu di Alun Alun Kota Demak gabungan dari Polres dan Dinas Kesehatan Demak serta pos pantau di Kantor Dinas Perhubungan. Pos lainnya berada di Karanganyar, Sayung, Mranggen dan Karangawen.

Total ada 7 titik posko lebaran. Dalam pemantauan tersebut, dipastikan bahwa pelayanan rumah sakit dan puskesmas, utamanya di bagian IGD dilakukan 24 jam lengkap dengan perawat dan dokter. Kemudian, stok darah PMI juga masih aman terkendali. Ini karena selama bulan Ramadan, PMI buka hingga pukul 20.00 dan bekerjasama dengan pihak lain untuk stok darah.

Sedangkan, untuk pelayanan KTP, Dispendukcapil hanya libur hari H lebaran. Selain itu, tetap buka. Wabup Joko Sutanto mengatakan, tim posko lebaran telah siap menyambut arus mudik dan arus balik. “Karena itu, peninjauan posko ini penting kita lakukan untuk mengetahui sejauhmana kesiapan pelayanan tersebut,” katanya. (ewb/sas/hib/bas)