HARI KELUARGA : PAUD Permata Undip mencoba membangun interaksi orang tua dengan anak agar lebih intensif. (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)
HARI KELUARGA : PAUD Permata Undip mencoba membangun interaksi orang tua dengan anak agar lebih intensif. (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Menjalin kedekatan orang tua dengan anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya interaksi langsung dengan anaknya. Alasan inilah yang melatari PAUD Permata Universitas Diponegoro (Undip) menggagas Hari Keluarga di satuan pendidikan tersebut.

Kepala Sekolah PAUD Permata Undip, Sri Sedyaningrum menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan Hari Keluarga ini adalah untuk menjalin kedekatan bersama anak. Selain itu, anak lebih bersemangat dan interaksi dengan orang tua maupun guru juga berdampak bagi mental sang anak.

“Interaksi yang terjalin antara anak dengan orang tua maupun guru ini secara tidak langsung akan mengembangkan rasa percaya diri anak,” ungkapnya disela acara Hari Keluarga di PAUD Permata Undip, kemarin.

Sri Sedyaningrum mengatakan, beberapa metode pembelajaran yang diterapakan di PAUD antara lain belajar melalui kegiatan, melalui bermain, bercerita dan mendengarkan cerita.

“Dari kegiatan ini diharapkan ke depan kinerja para guru sebagai orang tua anak di sekolah semakin meningkat dan lebih spesifik,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama. Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Undip, Asih Budiastuti menuturkan, PAUD sebagai lembaga pendidikan dini pertama anak harus terus dimajukan dengan semangat yang luar biasa setiap lininnya dalam menimba ilmu.

“Ke depan, tentunya PAUD menjadi lebih baik lagi, semakin meriah dan menghasilkan generasi yang mencerahkan masa depan,” pungkasnya. (tsa/zal)