Cegah Kemacetan, Rapatkan Pagar Pembatas Overpass

155
WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG
WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG

RADARSEMARANG.COM, SOLO – Pelaksana overpass Manahan segera merapatkan pagar pembatas proyek untuk memberikan ruang lebih luas bagi pengguna jalan yang hendak melintas di kawasan Manahan selama libur Lebaran.

Pelaksana proyek PT Yasa Patria Perkasa Ari Wahyudi mengatakan, sebelum pagar dirapatkan, pihaknya lebih dahulu memindahkan alat berat untuk memberikan ruang lebih luas.

Ruang tersebut nantinya untuk menata pagar pembatas di Jalan Hasanuddin, Jalan M.T. Haryono, dan sekitar Jalan Adi Sucipto (kawasan Manahan).

“Setelah kita rapatkan, kendaraan akan lebih leluasa saat melintasi kawasan sekitar proyek. Tapi, kendaraan besar tetap tidak boleh melintas,” terang Ari kemarin (9/6).

Selain itu, pihaknya juga menyediakan posko sementara di sisi utara perlintasan kereta api Manahan. Posko tersebut bisa dimanfaatkan pengguna jalan untuk beristirahat atau sekadar mencari informasi lalu lintas di Kota Bengawan.

“Ini sesuai imbauan pemerintah kota. Selain itu, merupakan tanggung jawab pelaksana proyek untuk menyediakan posko informasi bagi masyarakat,” ucapnya.

Menyikapi imbauan pemerintah terkait penghentian sementara bagi proyek pengadaan infrastruktur selama masa angkutan Lebaran pada H-7 hingga H-4, pelaksana overpass Manahan memilih waktu H-4. Itu guna memaksimalkan pengerjaan sembari merapatkan pagar pembatas proyek.

“Kita kebut pengerjaan sebelum libur Lebaran biar (proyek, Red) tidak molor,” kata dia.

Terkait progress overpass Manahan, Ari menyebut sudah mencapai 30 persen. Pengerjaan yang sudah dilakukan berupa pembangunan struktur utama bentang jembatan (abutment) serta sejumlah tiang utama lainnya.

“Seminggu terakhir kami bisa melakukan pengecoran sampai 200 kubik per hari, padahal biasanya itu 150 per hari. Soal libur, nanti pengamanan tetap ditempatkan di lokasi proyek dan untuk membantu pengendara jalan,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Dishub) Surakarta Ari Wibowo meminta pengguna jalan ekstrawaspada ketika melintasi kawasan proyek overpass Manahan.

“Meskipun space semakin besar, tetap kami imbau masyarakat berhati-hati di kawasan proyek dan mematuhi rambu-rambu. Bus tetap tidak diperkenankan masuk atau melintas di sekitar proyek,” tandasnya. (ves/wa/bas)