Tol Dibuka, Kendaraan Antre

Mengular di Gate Tol Kertasari

244
ANTRE - Kendaraan pemudik antre membayar e-Toll di gate tol Kertasari, Suradadi, Kabupaten Tegal, Jumat (8/6) pagi. (YERI NOVEL/RADAR SLAWI)
ANTRE - Kendaraan pemudik antre membayar e-Toll di gate tol Kertasari, Suradadi, Kabupaten Tegal, Jumat (8/6) pagi. (YERI NOVEL/RADAR SLAWI)

RADARSEMARANG.COM, BREBES – Ruas tol fungsional Brebes Exit Timur (Brexit)-Semarang resmi dibuka oleh Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Condro Kirono, Jumat (8/6), sekitar pukul 06.30. Pembukaan tersebut dilakukan di Simpang Susun (interchange-red) Brexit, masuk Desa Kaligangsa Wetan, Kecamatan Brebes.

Pembukaan ruas tol fungsional tersebut dilakukan oleh Jendral bintang dua tersebut lewat pengeras suara. Menjelang pembukaan ruas tol fungsional tersebut, ratusan kendaraan terlihat menunggu di sebelah timur Simpang Susun Brexit sebelum tol resmi dibuka dan sempat mengakibatkan antrean panjang.

Selain dari arah Jakarta, sejumlah kendaraan dari arah Brexit yang ingin masuk ke tol juga menunggu aba-aba tol resmi dibuka. Usai dibuka, Kapolda Jateng mengimbau bagi kendaraan pemudik dari arah barat untuk melaju ke ruas tol Brebes-Tegal hingga Semarang.

Pantauan di lapangan, dibukanya ruas tol Brebes-Semarang itu menyebabkan antrean kendaraan terjadi di Gardu Tol Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Sebab, kendaraan mengantre untuk melakukan pembayaran tol (yang dulunya bayar di Brexit jadi di Kertasari) sebelum melanjutkan ke arah Semarang (via tol).

Condro menjelaskan, ruas tol Brebes Timur-Pemalang kondisinya layak operasional. Namun, pemudik saat ini belum dikenai biaya untuk melintas tol tersebut. Karena itu, dia mengimbau kepada warga untuk melaju di 60 km/jam saat masuk di ruas tol tersebut.

Berbeda dengan ruas Pemalang-Semarang, kondisinya ada sedikit hambatan. Sebab, saat ini tol itu belum seratus persen bisa digunakan. ”Memang ada hambatan di ruas tol Pemalang-Semarang, tapi tidak seperti di Pantura. Jadi saya sarankan kecepetan kendaraan ada pada 40-60 km/jam saat masuk ruas tol,” katanya.

Ruas tol Brebes-Semarang itu panjangnya 151 kilometer. Jarak tempuhnya hanya 2,5 jam. Dengan tidak adanya hambatan traffic, Condro menyebut waktu yang ditempuh dari Brebes hingga Semarang bisa lebih singkat. ”Perjalanan dari sini (Brebes) sampai Semarang bisa ditempuh 2,5 jam,” ujarnya. (ded/yer/jpg/ton)