Pangkalan Elpiji 3 Kg Disiagakan

189

RADARSEMARANG.COM, KUDUS – Pertamina saat Lebaran memberlakukan pangkalan elpiji 3 kg siaga. Untuk Kudus, dari 825 pangkalan ada 243 pangkalan yang siaga melayani konsumen.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti mengatakan, mendapatkan stok tambahan pada H-1 Lebaran. Yakni, menyalurkan tambahan alokasi elpiji sekitar 50 ribu tabung.

”Tambahan tersebut untuk pangkalan siaga. Termasuk, yang ada di SPBU diperkirakan mencapai 30 ribu tabung. Sementara sisanya diperuntukkan bagi pangkalan secara umum.  Untuk kondisi normal, penyerapannya rata-rata mencapai 619.000 tabung,” ungkapnya.

Dia menerangkan, Pertamina telah menggelontor tambahan fakultatif. Tambahan sesuai kebutuhan riil masyarakat. Bahkan, masyarakat diimbau melapor kalau ada wilayah yang mengalami kekurangan alokasi.

Hal ini untuk menghindari kepanikan masyarakat menjelang Lebaran. Apalagi konsumsi masyarakat akan meningkat dari menjelang sampai pasca Lebaran nanti. “Jangan sampai ada kepanikan karena stok terbatas,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Himpunan Pengusaha Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kudus David Budi Agung mengatakan, saat ini kebutuhan masyarakat terhadap elpiji bersubsidi sudah dipenuhi. ”Stok elpiji 3 kg ini melimpah. Kami terus mengawal agar elpiji bersubsidi ini sampai ke konsumen langsung dan buka mengendap di pangkalan atau pengecer, terangnya. Sebelumnya, alokasi selama 2018 elpiji 3 kg mencapai 7.671.333 tabung. Namun, sampai dengan April realisasi mencapai 2.476.240 tabung. Jadi rata-rata per bulan sekitar 619.060 tabung. (san/ris/jpg/ton)