Mudik Gratis Tekan Angka Pemudik Sepeda Motor

68

Kepala Kantor Jasa Raharja Perwakilan Kabupaten Pati, Yoga Sasongko mengungkapkan, kegiatan mudik gratis ini dilakukan dalam rangka mengurangi angka pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Seperti diketahui, di tahun-tahun sebelumnya, banyak sekali pemudik yang menggunakan sarana sepeda motor. Kendaraan sepeda motor menyemut menyesaki jalan-jalan. Selain itu juga tidak safety. Ada yang berlebihan saat membawa barang bawaan, serta tidak sedikit satu sepeda motor yang ditumpangi tiga hingga empat orang.

”Selain itu juga rawan. Dengan disediakan mudik gratis menggunakan armada bus ini angka pemudik sepeda motor bisa ditekan, begitu juga angka kecelakaan di jalanan,” terang Yoga kepada Jawa Pos Radar Kudus.

PT Jasa Raharja memfasilitasi sebanyak 11 armada bus terdiri dari 550 penumpang. Mereka berangkat dari Ancol Sabtu pagi (9/6) dan tiba Sabtu malam. Sementara itu pemkab Pati juga menyediakan layanan mudik gratis. Sebanyak 8 armada disiapkan. Berangkat dari tempat yang sama pada esoknya Minggu (10/6). Selain itu masih ada dari beberapa perusahaan BUMN.

Lanjut Yoga, untuk menyukseskan kegiatan mudik gratis ini, panitia telah memastikan seluruh armada dengan baik. ”Sebelumnya panitia telah memastikan aman. Cek kendaraan telah dilakukan, begitu juga dengan sopirnya. Kesehatannya sudah diperiksa. Jadi kami mengusahakan aman untuk pemudik,” papar Yoga.

(ks/aua/him/top/JPR)

Silakan beri komentar.