Luncurkan Ambulan PSC 119

343

RADARSEMARANG.COM, KENDAL—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kendal melaunching dua mobil ambulan dan satu sepeda motor untuk pelayanan Public Safety Center (PSC) 119. Mobil ambulan ini nantinya akan digunakan masyarakat secara gratis.

Launching dilakukan di Paringgitan, Jumat (8/6) oleh Sekda Kendal, Mohammad Toha. Ditandai dengan penyerahan kunci dan pemandian mobil secara simbolis.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kendal, Agus Sumaryono mengatakan PSC 119 di Kendal mulai ada sejak tahun 2017 dengan satu mobil ambulan. Namun tahun ini dari Kemenkes RI diberikan kepercayaan tambahan dua mobil ambulan dan satu motor.

Dengan demikian PSC 119 Kendal memiliki tiga mobil dan satu sepeda motor yang siap memberikan pelayanan 24  jam. “Pengoprasiannya setiap hari kami tempatkan petugas sebanyak 15 personel. Dimana semuanya merupakan lulusan keperawatan, ilmu keperawatan,”  jelasnya.

Dokter Saekhu dari Dinkes Kendal mengatakan, tugas PSC memberikan pertolongan darurat kepada masyarakat yang membutuhkan. Misalnya untuk mengangkut orang ke rumah sakit, dan jika terjadi kecelakaan dan sakit di jalan. Jika memerlukan pertolongan darurat, bisa menghubungi nomor layanan 119 bebas pulsa atau 0294-3690097. “Pelayanan ini tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis,” ucapnya.

Setiap mobil layanan disertai petugas medis. Sehingga dapat memberikan pertolongan pertama mana kala dibutuhkan. “Misalkan ada kecelakaan itu dilihat lukanya, jadi tidak asal angkat yang bisa berakibat fatal,” tambahnya.

Sekda Kendal, Mohammad Toha mengatakan, keberadaan PSC sangat dibutuhkan. Sebab pada masa arus balik dan mudik Lebaran banyak terjadi kecelakaan. Dengan adanya mobil baru, maka pelayanannya akan semakin meningkat. (bud/zal)