Oleh: Iim Nugraheni SPd

RADARSEMARANG.COM – SELAMA ini, penulis mengajar materi usaha dengan menggunakan metode diskusi searah atau diskusi kelompok dalam pembelajaran. Hanya beberapa anak saja yang antusias dalam menjawab atau mengemukakan pendapatnya. Meskipun sebagian mereka memperhatikan dan bebarapa anak yang semangat, hasil dalam pembelajaran untuk rumus hitungan, anak-anak tidak mengalami masalah, karena termasuk kategori mudah. Tetapi ketika masuk di ranah konsep dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari, anak kurang dapat menyebutkan dan menjelaskan dengan baik.

Karena itu, penulis mencoba menuangkan ide dalam pembelajaran materi usaha ini dengan mengubah LKS yang sering digunakan untuk memudahkan langkah-langkah praktikum, menjadi sebuah cerita dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk gambar untuk membangun konsep usaha.  Ide ini sebenarnya muncul ketika penulis membaca buku Effective guide to “ N” Level Science Physics.  Penulisnya Cheam Shing Ruey, halaman  60, dalam Bahasa Inggris dan Sains “Energi dan Perubahan Bumi dan Alam  Semesta.” Penulis Budi Suryatin dan Anna Retna Indrarita serta gambar  di internet.

Ketika membaca buku  Effective guide to “ N” Level Science, penulis melihat bahwa gambar bercerita itu sangat menarik dan mempermudah siswa membangun sebuah konsep tentang usaha. Sehingga penulis mendapatkan ide untuk menuangkan dalam bentuk LKS. Penulis menggabungkan gambar-gambar dari ketiga nara sumber menjadi sebuah LKS bergambar. Sehingga siswa seperti  membaca novel, tetapi belajar pengetahuan.   Cerita bergambar dalam Bahasa Inggris penulis scan, dan ada yang difoto, kemudian kalimat dalam Bahasa inggris tersebut penulis transfer dalam Bahasa Indonesia dengan menggunakan program paint. Hasil scan gambar dan foto yang telah diedit dipadukan menjadi sebuah LKS yang pasti siswa pasti tertarik dengan pembelajaran ini.

Dalam LKS tersebut, penulis menuliskan tujuan kegiatan, langsung kepada kegiatan, yakni kegiatan I adalah semacam apresiasi berupa soal penerapan dalam kehidupan sehari-hari untuk membangkitkan intusi awal. Kegiatan II berisikan tabel kegiatan yang dapat membedakan apakah kegiatan itu ada usahanya atau tidak (tabel ini penulis ambil dari buku siswa kelas VII ). Kegiatan III berisikan gambar bercerita Effective guide to “ N” Level Science dengan menambahkan pertanyaan yang mengarah kepada  konsep usaha dan faktor yang mempengaruhinya, dan kegiatan IV gambar tanpa tulisan yang tujuannya untuk menentukan nilai usaha.

Dengan menggunakan LKS, siswa dapat melihat gambar untuk interprestasikan sesuai dengan pertanyaan yang penulis ajukan untuk mengarah pada temuan konsep usaha dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Proses pembelajaran dengan LKS cerita bergambar ini,  dengan membentuk kelompok, kemudian mereka membaca dan menjawab setiap pertanyaan, dan akhirnya mereka menyimpulkan dari semua kegiatan, dan dapat melaporkan kemudian kita bahas bersama di dalam kelas itu. Sehingga  guru akan mendapati apakah ada  anak yang salah konsep.  Anak dengan semangat dalam berdiskusi dan menjawab semua pertanyaan. Mereka wajahnya semangat. Ternyata mereka yang mengalami kesulitan dan konsepnya hanya sekitar 25 persen.  Jadi, media ini sangat membantu penulis dalam proses pembelajaran. (igi2/aro)

Guru SMP Negeri 8 Salatiga