Kawasan Wisata Harus Bebas Pungli

385
PAPARAN: Ketua pokja pencegahan dan sosialisasi tim Saber Pungli Iptu Teguh Werdiyanto saat menyampaikan Pencegahan Pungutan Liar di Cafe Planet Pantai sigandu Batang. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PAPARAN: Ketua pokja pencegahan dan sosialisasi tim Saber Pungli Iptu Teguh Werdiyanto saat menyampaikan Pencegahan Pungutan Liar di Cafe Planet Pantai sigandu Batang. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Musim liburan Lebaran sering dimanfaatkan oleh banyak oknum untuk mencari keuntungan pribadi, terutama di kawasan wisata. Untuk memberikan kenyamanan pengunjung dan  mencegah pungutan liar di objek-objek wisata di Kabupaten Batang,  tim Saber Pungli sasar penjaga tiket dan petugas parkir objek wisata untuk di berikan sosialisasi pencegahan pungutan liar di Cafe Planet Pantai Sigandu Batang.

“Apapun pungutan yang tidak ada dasar hukumnya yang tidak sesuai perda atau peraturan yang berlaku, baik hari puasa maupun hari lebaran tidak ada tiket maupun parkir yang naik, sudah masuk dalam pungutan liar,” tegas Ketua Pokja Pencegahan Dan Sosialisasi Tim Saber Pungli Iptu Teguh Werdiyanto, Jumat (8/6).

Ia juga mengatakan tim saber pungli akan terus memantau dan mengawasi petugas loket tiket maupun petugas parkir objek wisata baik yang di kelola oleh Pemkab maupun yang di kelola oleh masyarakat, hal ini lebih pada pencegahan terhadap pungutan liar. “Dan apabila terdapat praktik pungutan liar dan kita memiliki bukti yang kuat akan kita respon dan tindak lanjuti,” tegasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olah Raga Wahyu Budisantoso mengatakan, Pariwisata adalah salah satu program Kabupaten Batang yang merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah. Sehingga tidaklah etis kalau wisata terkenal dengan pungutan yang menyalahi aturan. Dengan program Visit Batang 2022 kita harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjung wisata, dengan tetap menjaga kenyamanan, kesopanan kebersihan dan tentunya tidak   ada pungutan yang tidak sesuai dengan Perda maupun Perbup.

“Kita akan memperbaiki sistem maupun regulasinya dan pendapatan agar sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga objek wisata tidak menjadi sasaran tim saber pungli. Kedisiplinan dan integritas petugas loket maupun parkir menentukan untuk memperoleh pendapatan pada libur lebaran idul fitri dan syawalan dapat meningkatkan signifikan dan apa yang di targetkan bisa berhasil,” harap Wahyu. (han/bas)