Hari Ini, Pemudik Tiba di Terminal

304
CEK ARMADA : Kepala UPT Terminal Tidar Kota Magelang Eko Priyono memeriksa kondisi lampu dan kendaraan armada bus untuk kesiapan arus mudik, Jumat (8/6). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
CEK ARMADA : Kepala UPT Terminal Tidar Kota Magelang Eko Priyono memeriksa kondisi lampu dan kendaraan armada bus untuk kesiapan arus mudik, Jumat (8/6). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sebanyak 33 armada bus siap mengangkut ribuan pemudik dari daerah Jakarta dan sekitarnya menuju Terminal Tidar Kota Magelang. Rombongan armada bus tersebut akan dibagi dalam empat tahap kedatangannya.

Kepala UPT Terminal Tidar Kota Magelang, Eko Priyono menuturkan, Terminal Tidar mendapat kehormatan sebagai tempat tujuan akhir dari rombongan 33 armada bus yang mengangkut ribuan penumpang. “Rombongan tersebut berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya. Berangkat sebanyak empat tahap dengan tujuan akhir adalah Terminal Tidar,” jelas Eko, Jumat (8/6).

Rombongan pemudik tersebut berasal dari berbagai daerah di eks-Karesidenan Kedu, antara lain Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Purworejo, Temanggung dan Wonosobo. “Nantinya para pemudik tinggal melanjutkan ke tujuan asal masing-masing,” kata Eko. Rencananya 7 bus akan tiba pada 9 juni, 10 bus pada 10 Juni, 11 bus pada 11 Juni dan 5 bus pada 13 Juni.

Selain kedatangan 33 armada bus, pihaknya juga menerima kedatangan truk pengangkut kendaraan roda dua dari Jakarta dan sekitarnya sebanyak dua tahap. “Pada tanggal 7 Juni lalu, ada satu truk pengangkut 33 unit motor pemudik. Kemudian kemungkinan tengah malam nanti, akan ada kedatangan dua truk pengangkut 40 unit sepeda motor. Kami sudah atur penempatan parkir untuk unit sepeda motor tersebut di bagian belakang terminal,” imbuh Eko.

Untuk persiapan arus mudik, Eko menegaskan, pihaknya selama dua hari melakukan tes kesehatan dan tes urine kepada para pengemudi serta kernet angkutan antarkota antarprovinsi dan antarkota dalam provinsi (AKAP/AKDP), dan serta pengemudi angkutan umum lainnya.

“Kami targetkan seratus pengemudi serta kru untuk dilakukan pemeriksaan,” tutur Eko.

Kabid Lalu Lintas dan Perparkiran, Chandra Wijatmiko Adi, menuturkan, Dinas Perhubungan Kota Magelang juga memeriksa kesiapan armada bus di Terminal Tidar. “Sengaja kami cek agar mengetahui kelayakan armada bus. Apakah itu rem, lampu, sarana pemecah kaca, serta ban hingga mesin kendaraan. Semuanya untuk kenyamanan dan keamanan para pemudik,” tukas Chandra. (had/ton)