Banyak Pengusaha Belum Punya NPWP

224

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Belum semua para pengusaha dan pelaku usaha di Kabupaten Magelang memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dalam menjalankan usahanya. “Yang sudah ber-NPWP namun belum maksimal dalam pembayaran pajak banyak, yang belum ber-NPWP juga banyak. Fokus kami adalah kepada para pelaku usaha yang belum ber-NPWP,” ucap Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Rida Handanu usai peluncuran program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) di ruang Bina Praja Setda Kabupaten Magelang, belum lama ini.

Rida menuturkan, wajib pajak yang telah ber-NPWP di wilayah Kanwil DJP Jawa Tengah II ada 2 juta orang. Dari jumlah tersebut, belum semuanya tertib bayar pajak.

Rida menuturkan, para pengusaha telah menikmati hasil pembangunan, menjalankan usahanya dengan kenyamanan dan ketenangan. Mestinya mereka punya kesadaran untuk patuh membayar pajak.

Sementara itu, Pj Bupati Magelang Tavip Supriyanto berharap, peluncuran KSWP ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Menurut Tavip, ada 16 jenis perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magelang. “Untuk kemudahan, ke depan semua perizinan di Kabupaten Magelang satu pintu. Kami bersama Kanwil DJP Jawa Tengah berkomitmen untuk meningkatkan dan memperbaiki pelayanan. Dengan satu pintu, pelayanan bisa lebih mudah, murah dan cepat dalam melayani masayarakat,” jelasnya. (san)