8 Angkutan Umum Ditilang

105
PERIKSA ANGKOT : Petugas Gabungan Satlantas Polres Magelang Kota dan Dinas Perhubungan Kota Magelang memeriksa kendaraan umum di Terminal Tidar Magelang, Jumat (8/6). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
PERIKSA ANGKOT : Petugas Gabungan Satlantas Polres Magelang Kota dan Dinas Perhubungan Kota Magelang memeriksa kendaraan umum di Terminal Tidar Magelang, Jumat (8/6). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sebanyak 8 kendaraan angkutan umum diberi sanksi tilang langsung oleh petugas Gabungan Satlantas Polres Magelang Kota dan Dinas Perhubungan Kota Magelang di Terminal Tidar. Sanksi tilang ini dilakukan karena kedelapan angkutan umum tersebut melanggar trayek dan juga tak layak jalan.

“Kami memeriksa 190 kendaraan baik bus Antar Kota Antar Propinsi/Antar Kota Dalam Propinsi (AKAP/AKDP), angkutan kota hingga travel. Dari sejumlah uni tersebut, ada 5 kendaraan tak miliki izin trayek dan 3 kendaraan tidak layak jalan namun masih kita tolerir. Namun tetap kami tilang,” kata Kabid Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Kota Magelang Chandra Wijatmiko Adi, Jumat (8/6).

Chandra menjelaskan, operasi yang dilakukan pihaknya sebagai upaya untuk mengantisipasi dan mempersiapkan moda transportasi yang nyaman dan aman untuk para pemudik. Fokus pemeriksaan pada kelayakan jalan kendaraan, kelengkapan keselamatan, izin trayek hingga peralatan keselamatan lainnya.

“Dalam kesempatan tersebut ada 10 orang pengemudi yang ikut ditilang karena masalah surat-surat kendaraan yang tidak lengkap. Mereka ditilang langsung oleh jajaran Satlantas Polres Magelang Kota karena ada yang SIM atau STNK-nya sudah mati,” beber Chandra.

Operasi ini diharapkan bisa memberikan terapi kejut terhadap para pengusaha trayek angkutan umum agar tetap menjaga kendaraan dan mematuhi aturan yang ada. “Kami lakukan pemeriksaan yang sifatnya dapat dilakukan dengan penglihatan saja, seperti surat-surat, izin trayek, kondisi lampu, kondisi ban, serta ada pemecah kaca atau tidak,” tutur Chandra. (had/ton)

Silakan beri komentar.