Zakat untuk Warga Terdampak

330
TADARUS – PT BPI saat menggelar khataman Alquran bersama masyarakat dan santri di Ponpes Jurang Jero, Desa Bakalan, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
TADARUS – PT BPI saat menggelar khataman Alquran bersama masyarakat dan santri di Ponpes Jurang Jero, Desa Bakalan, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) berbagi zakat 750 kg beras dan menggelar khataman Alquran. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun di bulan puasa, bersama masyarakat sekitar terdampak PLTU.

General Manager External Relation BPI Ary Wibowo mengatakan, berbagai kegiatan yang digelar dalam bulan Ramadan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar.

“Berbagai acara yang kami gelar merupakan bentuk kepedulian kami kepada masyarakat sekitar,” ucapnya, Jumat (8/6/2018).

Kegiatan pada Ramadan yang dilakukan BPI bersama masyarakat ini diawali dengan kegiatan musala bersih serta pemberian Alquran kepada masjid sekitar area PLTU. Program tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dirumuskan dan dilakukan bersama dengan masyarakat.

“Kegiatan ini adalah respons kami terhadap usulan kegiatan dari masyarakat, sehingga diharapkan akan lebih bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” kata Ary.

Kemudian pembagian zakat berupa beras 750 kilogram, juga untuk turut berbagi kepada masyarakat sekitar. Apalagi pengadaan berasnya juga berasal dari petani desa setempat. Untuk penyaluran beras zakatnya juga dipercayakan kepada pihak desa yang mengelolanya, sehingga akan lebih tepat guna.

Beras zakat fitrah tersebut dibagikan untuk 3 desa terdampak di sekitar area pembangkit PLTU Jawa Tengah 2 x 1.000 MW, yaitu Desa Ujungnegoro, Ponowareng dan Karanggeneng. Serah terima beras zakat ini disalurkan melalui masing-masing perangkat desa pada Jumat (8/6/2018).

Kemudian juga untuk memperingati Nuzurul Quran, PT BPI juga menggelar khataman Alquran. Kali ini, khataman Alquran dan buka puasa bersama kembali digelar bersama masyarakat dan santri di Pondok Pesantren Jurang Jero, Desa Bakalan, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Kamis (7/6). Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini ditutup dengan buka puasa bersama dengan dihadiri lebih dari 50 orang jamaah.

Sementara itu pengasuh Pondok Pesantren Jurang Jero, Ustad Asrofi mengungkapkan harapannya agar melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di Ramadan dapat menjadi ibadah dan memberikan keberkahan. (han/svs/lis)