RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pemkot Magelang telah menyediakan dua armada bus untuk melayani mudik gratis bagi warga Kota Magelang yang ada di perantauan, khususnya dari Jakarta dan sekitarnya. Rencananya, dua bus tersebut akan diberangkatkan ke Jakarta pada 10 Juni mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang Suryantoro mengatakan, warga asal Kota Magelang yang ingin mudik gratis menggunakan bus ini, seluruhnya sudah mendaftarkan diri di Anjungan Provinsi Jawa Tengah, TMII, Jakarta. Para pemudik Kota Magelang ini mayoritas merupakan perantau yang bekerja sebagai karyawan, buruh, maupun instansi pemerintahan.

”Yang mengkoordinir pemudik dengan menggunakan layanan bus gratis ini kerja sama pemerintah dengan komunitas perantau. Seperti dari Kota Magelang, mereka juga punya komunitas sendiri. Pemudik itu berasal dari tiga kecamatan di Kota Magelang,” beber Suryantoro.

Fasilitas mudik gratis menggunakan bus ini memang rutin dijalankan tiap tahun. Warga Kota Magelang yang ingin menjadi peserta mudik gratis tidak dikenakan biaya sama sekali. “Syaratnya mereka mau menjadi peserta dan menyiapkan identitas diri. Kami juga membuat surat edaran resmi pada Paguyuban Warga Kota Magelang yang ada di Jakarta terkait program mudik gratis. Titik kumpul dari TMII menuju Kota Magelang, nantinya pemudik tinggal melanjutkan perjalanan ke rumah masing-masing menggunakan angkutan kota atau moda lainnya,” tandas Suryantoro.

Suryantoro mengungkapkan, untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, pihaknya tengah mempersiapkan 1.199 armada angkutan umum. Terdiri dari 335 bus antarkota antarprovinsi (AKAP), 155 bus antarkota dalam provinsi (AKDP), 335 angkutan, dan 173 angkutan perbatasan. ”Itu masih ditambah 55 bus angkutan pariwisata dan 76 kendaraan sewa. Termasuk armada taksi yang tersedia untuk mengantar calon penumpang,” tukas Suryantoro.

Sementara itu, PT KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto telah menyiapkan kereta api tambahan selama masa angkutan Lebaran 2018. KA tambahan tersebut adalah KA Sawunggalih Lebaran, KA Purwojaya Lebaran, KA Kutojaya Utara Tambahan, KA Kutojaya Selatan Lebaran. Total ada penambahan tempat duduk sekitar 4.816 per hari.

“Di samping itu beberapa KA tambahan Daop lain yang melintas Daop 5 berjumlah 8 KA atau 16 perjalanan KA, dengan estimasi tempat duduk 8.620 perhari,” kata Vice President Daop 5 Purwokerto Ida Hidayati. Diprediksi, puncak arus mudik pengguna KA di wilayah Daop 5 akan terjadi pada Jumat (8/6) ini. (had/ali/ton)