MANFAAT TAMBAHAN : Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang Dyah Miryanti menyerahkan kenang-kenangan kepada Direktur Taman Kyai Langgeng Edy Susanto. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
MANFAAT TAMBAHAN : Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang Dyah Miryanti menyerahkan kenang-kenangan kepada Direktur Taman Kyai Langgeng Edy Susanto. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengimbau badan usaha (BU) untuk membayarkan iuran Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sesuai nilai tagihan paling lambat pada Kamis, 8 Juni 2018 mendatang. Artinya dua hari lebih cepat dari batas pembayaran yang jatuh pada tanggal 10 tiap bulannya.

Kabid Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Magelang Endah Sutanti mengatakan, 8 Juni merupakan pelayanan bank terakhir sebelum memasuki masa libur Lebaran. “Ya, kami imbau untuk membayar paling lambat hari Kamis, (8/6) untuk menghindari terjadinya pemberhentian jaminan kesehatan peserta,” kata Endah usai memberikan sosialisasi close payment kepada BU di Grand Artos Hotel, Selasa (5/6) sore.

Menurutnya, dengan close payment, nilai tagihan iuran BU akan tercantum pada billing statement. Ini akan memudahkan BU membayar iuran sebelum jatuh tempo pembayaran. Tujuan dari close payment, kata Endah, pembayaran iuran JKN-KIS dapat dilakukan tepat waktu dan tepat jumlah.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang, Dyah Miryanti menambahkan, BPJS Kesehatan ingin mewujudkan jaminan kesehatan yang berkualitas dan berkesinambungan bagi seluruh penduduk Indonesia berlandaskan gotong royong yang berkeadilan. Namun, peran pihak lain juga diakuinya berpengaruh besar terhadap suksesnya visi tersebut. Karena itu, BPJS Kesehatan menjalin kemitraan.

Kemitraan yang dimaksud ialah dengan mengajak perorangan maupun BU untuk ikut program Donasi JKN-KIS bagi pekerja bukan penerima upah (PBPU). Program ini melibatkan partisipasi pihak lain yang bertujuan mewujudkan kepedulian melalui kontribusi pendaftaran keluarga yang membutuhkan uluran tangan untuk didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS. “BU bisa mengikuti program ini dengan memanfaatkan program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan,” jelasnya.

Dalam acara ini, berlangsung pula penandatanganan kerjasamaa BPJS Kesehatan Cabang Magelang dengan Perusahaan Daerah Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng (TKL), Kota Magelang dan manajemen Grand Artos Hotel and Convention (GAHC) tentang program loyalti atau manfaat tambahan peserta JKN-KIS. (put/ton)