Penanaman, PLN Kucurkan Dana Rp 4,64 Miliar

340
PENGHIJAUAN : Pelaksana Harian (PLH) GM PLN Pusmankom, Nur Suciyono (bertopi) bersama kepala DLH Kota Semarang Gunawan Saptogiri saat melakukan penanaman di Desa Jamalsari Kelurahan Kedungpane Kecamatan Mijen, Semarang. (ISTIMEWA)
PENGHIJAUAN : Pelaksana Harian (PLH) GM PLN Pusmankom, Nur Suciyono (bertopi) bersama kepala DLH Kota Semarang Gunawan Saptogiri saat melakukan penanaman di Desa Jamalsari Kelurahan Kedungpane Kecamatan Mijen, Semarang. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-PT PLN (Pesero) dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mengucurkan dana Rp 4,64 miliar untuk penanaman 32.000 pohon dari target 56.000 pohon yang akan terus bertambah setiap tahunnya. Penanaman pohon ini dilakukan di 32 unit operasional PLN dan di beberapa lahan kritis.

“Lokasi penanaman pohon yang dilakukan oleh 32 unit PLN dari Sabang sampai Merauke, fokus pada area PLN dan lokasi masyarakat umum, seperti pesisir laut, sempadan sungai, lahan gundul, dan lainnya,” kata PLH GM PLN Pusmankon Nur Suciyono, saat melakukan penanaman pohon di Desa Jamalsari Kelurahan Kedungpane Kecamatan Mijen, Semarang, Selasa (5/6) kemarin.

Khusus wilayah Semarang mendapat alokasi 1.000 unit pohon dan penanaman pohon dilakukan oleh PLN Pusat Manajemen Konstruksi bersama Kelompok Studi Lingkungan Undip yang dipusatkan di Desa Jamalsari Kelurahan Kedungpane Kecamatan Mijen, Semarang. Program penanaman 32.000 pohon ini dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dan pemerintahan setempat, Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, Kelompok Sadar Wisata, Kelompok tani, Komunitas Lingkungan dan Manajemen PLN Pusmankon.

PLN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik bertanggung jawab melestarikan lingkungan sekitar. Program penanaman pohon ini dilakukan secara berkala oleh seluruh unit di PLN. “Kami berharap adanya program ini dapat menunjang unit-unit PLN dalam peraihan PROPER dari KLHK sehingga dapat mempertahankan gelar PROPER Hijau dan bahkan memotivasi untuk memperoleh PROPER Emas,” katanya.

Menurutnya program penanaman pohon ini merupakan program PLN Peduli (CSR PLN) sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan dalam mencegah efek rumah kaca dan mengurangi global warming. Program ini mengajak stakeholder PLN, masyarakat dan akademisi untuk ikut bersama menjaga lingkungan hidup.

”Para stakeholder PLN, masyarakat, pengusaha dan lainnya diharapkan dapat ikut serta dalam menanam pohon, sehingga lingkungan akan menjadi hijau,” tambah Nur Suciyono. (tya/ida)