PERESMIAN : International Corner, Semarang Medical Centre (SMC) RS Telogorejo melayani para ekspatriat atau turis asing yang berlibur di Jateng. (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)
PERESMIAN : International Corner, Semarang Medical Centre (SMC) RS Telogorejo melayani para ekspatriat atau turis asing yang berlibur di Jateng. (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Layanan kesehatan khusus Warga Negara Asing (WNA) resmi diluncurkan oleh Semarang Medical Centre (SMC) RS Telogorejo. Seiring banyaknya para ekspatriat atau turis asing yang berlibur di Jateng. Fasilitas yang dinamai International Corner ini akan memudahkan para ekspatriat mengakses layanan kesehatan di RS telogorejo.

“Biasanya mereka bingung kalau sakit. Harus ketemu dokter siapa, bagaimana registrasi. International Corner ini mengatasi hal itu,” ungkap Manajer Bidang Komunikasi, Octdy Hendrawan, usai Soft Opening International Corner, Senin (4/6).

Di sisi lain, program ini sekaligus meningkatkan standar pelayanan kesehatan dalam mendukung program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sejumlah pelayanan yang dapat diakses oleh ekspatriat dalam International Corner terkait dengan akomodasi pasien maupun keluarga pasien.

“Tidak hanya untuk kesehatan, ketika mereka disini pasti membutuhkan akomodasi untuk keluarganya. Makanya, kami siapkan reservasi hotel sampai transportasi antar jemput dan evakuasi,” jelasnya.

Direktur Utama SMC RS Telogorejo melalui perwakilannya, dr Viny Natalia Dewi Mkes mengatakan bahwa program ini disediakan mulai dari medical tourism hingga medical evacuation. Salah satu istri ekspatriat asal Amerika Serikat yang sedang menetap di Jateng, Dewi, 49, mengapresiasi peluncuran international corner di SMC RS Telogorejo. Sebelumnya, Dewi mengalami kesulitan saat suaminya harus dirawat lantaran sakit saat bertugas di Indonesia.

“Dua kali sakit, demam berdarah. Pertama dirawat di rumah sakit daerah Ciputat, yang kedua di RS Telogorejo. Semoga ke depan bisa terus berkembang dan lebih baik,” pungkasnya. (tsa/ida)