Diskominfo Teken MoU Smart City

187
KERJA SAMA : Kepala Diskominfo Kota Semarang, Nana Storada dan Kepala Diskominfo Kabupaten Magelang, Agus Liem menandatangani MoU pengembangan dan implementasi aplikasi smart city di Situation Room Pemkot Semarang, Selasa (5/6). (Dok Diskominfo Kabupaten Magelang)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) tentang pengembangan dan implementasi aplikasi smart city dengan Diskominfo Kota Semarang di Situation Room Pemkot Semarang Selasa (5/6).

Kepala Diskominfo Kota Semarang Nana Storada menuturkan, penandatangan perjanjian kerja sama ini dasarnya adalah tindak lanjut dari MoU antar-kepala daerah di Jawa Tengah tentang smart city. Wali Kota Semarang telah berkomitmen siap bekerja sama dengan daerah manapun, terutama Jawa Tengah dalam mengembangkan smart city.

“Secara garis besar, perjanjian kerja sama ini memberikan akses gratis pada kabupaten/kota lain untuk mengopi dan menggunakan aplikasi yang sama dengan Diskominfo Kota Semarang dalam penerapan smart city tanpa biaya atau gratis,” ucap Nana, kemarin.

Kepala Diskominfo Kabupaten Magelang, Agus Liem menyatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti penandatanganan PKS tersebut dengan SKPD di wilayahnya.

“Kita berharap nanti akan ada 8 atau 9 SKPD dulu untuk menjadi pioner melaksanakan PKS antardinas dengan Kota Semarang. Jadi tidak hanya tanda tangan, namun betul-betul ada karya nyata yang bisa memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Agus.

Agus merinci, 8 SKPD yang siap menerapkan smart city di wilayah Kabupaten Magelang adalah Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, RSUD Muntilan, BPMPPT, Dispermades dan Dinas Pariwisata.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, Dadang Somantri mengapresiasi pelaksanaan penandatanganan PKS antara Diskominfo Kota Semarang dengan 11 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Saya berharap MoU tidak hanya seremonial, tapi betul-betul ditindaklanjuti secara profesional. Ini juga dalam rangka membangun smart province, sehingga bisa berjalan dengan baik,” harapnya. (san/lis)

Silakan beri komentar.