Black Spot Jadi Perhatian

182
Setya Budi Waspada (IST)
Setya Budi Waspada (IST)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Sejumlah titik rawan atau black spot di jalur mudik yang berpotensi menimbulkan kemacetan dan rawan kecelakaan mendapatkan perhatian Satlantas Polres Magelang. Titik black spot di antaranya di perbatasan Purworejo-Magelang dan Secang.

Kasatlantas Polres Magelang AKP Setya Budi Waspada menjelaskan, kedua titik tersebut memiliki karakteristik turunan tajam dan tidak kentara. “Jadi, sangat rawan sekali, terlebih kendaraan berat, yang tidak terbiasa melewati jalur tersebut, ketika melakukan pengereman terus, sehingga nanti bisa loss yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas,” ujar Waspada, Senin (4/6).

Persiapan atau antisipasi yang dilakukan adalah dengan pemasangan rambu peringatan, penempatan petugas pengamanan di sekitar black spot dan imbauan kepada sopir untuk mengurangi persneling saat melalui tanjakan di titik black spot tersebut.

“Untuk rawan kesemrawutan yang menimbulkan kemacetan, di setiap ruas simpul jalan kita sudah antisipasi, jangan sampai terjadi stuck. Kita sudah antisipasi rambu-rambu dan imbauan kepada sopir untuk mengurangi persneling,” tuturnya.

Titik kemacetan biasanya terjadi di simpang Mall Artos Magelang, sekitar simpang Payaman dan pasar tumpah di setiap lampu merah, termasuk di Muntilan. Satlantas juga mendirikan pos pengamanan di enam titik.Yaitu simpang Artos Mall, Palbapang, Muntilan, Salam, Salaman dan Secang. “Kami mengimbau para pengendara sepeda motor, jika memang ngantuk dan capek bisa istirahat di pos yang kita siapkan,” pintanya. (san/ton)