Tambah Kuota dan Perhitungan Caleg Perempuan

256
Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang
Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang

RADARSEMARANG.COM, PEKALONGAN – Ada yang berbeda dalam pemilihan anggota perwakilan rakyat tahun 2019 mendatang, untuk Kota Pekalongan. Selain ada penambahan kuota juga akan memperhitungkan calon dari perempuan.

Hal tersebut terungkap saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan menggelar sosialisasi pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi, kabupaten dan kota pada Pemilu 2019 yang dihadiri 15 partai, di The Sidji Hotel Pekalongan, Sabtu (2/6) malam.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Basir, menjelaskan bahwa tahun 2019 mendatang memang berbeda dengan pemilu tahun lalu, yang mana kuota anggota legislatif naik 5, dari 30 jadi 35 kursi.

“Penambahan ini karena jumlah penduduk Pekalongan juga bertambah, saat ini jumlahnya 305.052 jiwa. Sehingga sesuai aturan jika di atas 300 ribuan, jatah 35 kursi,” jelas Basir.

Dapil Pekalongan 1 Kecamatan Pekalongan Barat ada 11 kursi, Dapil 2 Kecamatan Pekalongan Utara ada 9 kursi, Dapil 3 Kecamatan Pekalomgan Timur ada 8 kursi, dan Dapil 4 Kecamatan Pekalongan Selatan ada 7, sehingga total kursi ada 35.

Selain itu, juga dalam penghitungan jumlah bakal calon wajib terdapat 30 persen wanita di setiap daerah pemilihan (dapil). Sehingga  jika dikalkulasi tidak ada bakal calon wanita ataupun kurang dari 30 persen maka dianggap tidak sah atau tidak memenuhi syarat.

Ditambahkan, usai pengajuan calon, akan diadakan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal pengganti anggota DPR, DPRD provinsi, kabupaten dan kota pada 22 hingga 31 Juli. “Setelah itu Penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) pada 8-12 Agustus dan Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada 20 September mendatang,” jelasnya. (han/zal)