Pemohon SIM Meningkat

379

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA–Menjelang lebaran tahun ini, pemohon pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Polres Salatiga mengalami peningkatan banyak. Di hari biasa, jumlah pemohon SIM kisaran 150 orang perhari, kini naik menjadi 200 orang.

“Namun kami membatasi lebih pendek, mengingat penyetoran uang ke kas negara maju dari pukul 15.00 menjadi pukul 14.00 selama Ramadan,” kata Badan Urusan (Baur) SIM Satlantas Polres Salatiga Aiptu Joko Prasetyo kepada wartawan, kemarin siang.

Satlantas sendiri libur pelayanan SIM mulai 13 – 20 Juni. Apabila ada pemohon yang lisensi berkendarannya habis di saat libur, pihak kepolisian memberikan waktu kepengurusan antara 21 – 27 Juni. ”Kami imbau perpanjangan bisa dilakukan sebelum libur. Namun jika tidak bisa, bisa dilakukan pada 21-27 Juni. Namun jika lebih dari tanggal 27 Juni, harus melakukan proses penerbitan SIM baru,” imbuh Joko.

Proses pelayanan administrasi kendaraan bermotor di Samsat juga libur Lebaran pada 13-20 Juni. Semua pemilik kendaraan yang habis masa berlaku pada saat libur, bisa memproses sebelum tanggal jatuh tempo. Namun jika mengurus pada 21 juni, maka pemilik tidak dikenakan denda. (sas/ida)