Jalingkut Siap Dilewati Pemudik

188
JALINGKUT – Sejumlah kendaraan melewati Jalingkut yang siap digunakan sebagai jalur alternatif mudik, Minggu (3/6). (ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL)
JALINGKUT – Sejumlah kendaraan melewati Jalingkut yang siap digunakan sebagai jalur alternatif mudik, Minggu (3/6). (ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL)

RADARSEMARANG.COM, TEGAL-Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) yang akan digunakan sebagai jalur alternatif mudik Lebaran dipastikan telah siap dilewati pemudik. Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal Herviyanto melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Keselamatan Jalan Abdul Kadir atau yang akrab disapa Ading.

“Jalingkut sudah seratus persen bisa dilewati,” kata Ading. Jalan yang membelah Kelurahan Tegalsari tersebut sebelumnya terdapat beberapa kerusakan, terutama di bagian Timur. Kini, kerusakan telah diperbaiki Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) berupa pengaspalan. Penerangan Jalan Umum (PJU) juga telah dipasang di sepanjang Jalingkut.

Sehingga, Jalingkut aman dilalui saat malam hari. “Untuk malam hari, sudah aman. Kami menghitung ada 26 PJU yang telah terpasang, mulai dari Jalan Mataram sampai di depan KUD Karya Mina,” jelas Ading. Dishub bakal mengoperasikan lampu merah portable untuk pengaturan lalu lintas di Jalingkut, sebagaimana telah dilakukan selama ini.

Dinas mengimbau agar masyarakat tidak mendirikan warung-warung untuk berjualan di bahu Jalingkut. Sebab, berbahaya dan dapat menimbulkan kemacetan. “Di bahu Jalingkut tidak ada lahan parkir, sehingga bisa menimbulkan kemacetan. Kami meminta masyarakat yang melintasi Jalingkut untuk tetap berhati-hati,” ungkap Ading.

Selain di Jalingkut, potensi kemacetan di dalam kota juga diantisipasi. Yakni, dengan menyiapkan petugas mulai dari pintu masuk sampai keluar Kota Tegal. Kemudian, mendirikan Posko Mudik di Terminal Tegal dan Posko Terpadu yang terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah di Komplek Pusat Promosi Informasi Bisnis (PPIB) di Jalan Kolonel Sugiono. (nam/ela/jpg/ton)