UKSW Miliki Laser Cutting Terbaru 

178
CANGGIH: Mahasiswa mencoba mesin laser cutting terbaru yang dimiliki oleh FSM. Mesin ini mengisi laboratorium inovasi media edukasi. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Pusat studi E-SisTem Fakultas Sains dan Matematika (FSM) meresmikan Laboratorium Inovasi Media Edukasi yang berada di gedung C Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Kamis (31/5).

Laboratorium dengan luas 4 x 4 meter ini diresmikan secara langsung oleh Dekan FSM Dr. Adi Setiawan didampingi oleh ketua pusat studi E-SisTem Prof Ferdy S Rondonuwu, dan disaksikan sejumlah dosen dan staf FSM dan Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK).

Prof Ferdy S Rondonuwu menuturkan, laboratorium Inovasi media edukasi diisi dengan satu buah alat Laser cutting merk Oree Laser serta sebuah komputer untuk mengoperasikan alat tersebut. Fasilitas ini nantinya, dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas media-media pembelajaran yang di perlukan oleh fakultas, mulai dari tugas akhir mahasiswa, program penelitian hingga kegiatan pengabdian masyarakat.

“Fasilitas ini bukan hanya diperuntukan bagi FSM saja, tetapi bisa digunakan oleh unit atau fakultas lain yang ada di UKSW yang memerlukan guna membantu mempercepat proses kerja pembuatan desain. Laser cutting ini termasuk dalam tipe flatbed dengan jenis non-metal, sehingga dapat digunakan untuk memotong berbagai bahan termasuk akrilik lembaran besar secara langsung, hasil potongan dari mesin ini sangat presisi  untuk desain rumit sekalipun,” jelasnya.

Prof Dr Ferdy menambahkan laser cutting yang dilengkapi dengan lasertube berkekuatan 130 watt ini mampu memotong bahan akrilik dengan ketebalan hingga 2 cm dan ukuran terbesar yang bisa dihasilkan yaitu 120×120 cm. Laser cutting akan bekerja dengan mengarahkan output dari laser daya tinggi oleh komputer, pada material yang akan dipotong dan menghasilkan tepi dengan finishing permukaan yang berkualitas tinggi.

Dekan FSM Dr Adi Setiawan mengapresiasi hadirnya fasilitas ini, dan berterima kasih kepada Pusat Studi E-SisTem yang telah memberikan fasilitas baru kepada FSM. Beliau berharap alat tersebut akan dipergunakan sebaik-baiknya agar bisa menunjang proses pembelajaran kedepan. (sas/bas)