Latih Warga Bikin Pupuk

206
PELATIHAN: Para warga bersama Polsek Limbangan membuat pelatihan pembuatan pupuk cair di Gonoharjo, kemarin. (BUDI SETYAWAN JAWA POS RADAR SEMARANG)
PELATIHAN: Para warga bersama Polsek Limbangan membuat pelatihan pembuatan pupuk cair di Gonoharjo, kemarin. (BUDI SETYAWAN JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL—Guna mengurangi produksi sampah, Polsek Limbangan membuat pelatihan pengelolaan sampah menjadi pupuk cair. Tujuan kegiatan ini selain untuk meningkatkan hasil pertanian dan perekonomian warga Limbangan.

Setidaknya ada 50 peserta terlibat yang terdiri dari para perangkat dan kepala desa di Kecamatan Limbangan. “Pelatihan ini dilakukan untuk membantu warga Limbangan dalam memanfaatkan limbah rumah tangga menjadi pupuk cair,” Kata Kapolsek Limbangan, AKP Ali Musofa, kemarin.

Menurutnya, pelatihan ini dapat meningkatkan hasil pertanian dan perekonomian. Sebab sebagain besar warga di wilayah Limbangan bekerja dibidang pertanian. “Maka dari itu kami ajarkan kepada para perangkat desa agar dapat ditularkan ilmu itu kepada masyarakat lainnya,” paparnya.

Ia mengatakan untuk menggalakkan program pengolahan limbah rumah tangga itu, Anggota Babinkamtibmas Polsek Limbangan telah diberikan peletaihan selama dua bulan untuk belajar ilmu pengelolahan limbah rumah tangga. “Mereka kami terjunkan ke masyarakat untuk memberikan contoh kepada para masyarakat,” jelasnya. Dari pupuk cair tersebut menuruntya dapat digunakan untuk tanaman mereka yang ada di kebun dan persawahan.  Selain itu pupuk bisa dijual kepada para petani lain di sekitar Kecamatan Limbangan.

Salah seorang pemateri acara itu, Anita mengatakan pengolahan limbah Rumah Tangga menjadi pupuk cair tidaklah sulit dan alat yang digunakan bisa dari barang tak terpakai.  Pupuk cair organik ini bisa dibuat dari sampah daun-daunan, sampah sisa masakan, dan lainnya. Kemudian ditimbun dan disemprot dengan Bio aktivator. “Dalam waktu tak lebih dari seminggu sudah menjadi pupuk cair,” tuturnya.

Ia mengatakan cairan bio aktivator dapat dibuat sendiri dengan bahan dasar pembuatnya dapat diperoleh dari sekitar. Seperti air kelapa, buah nanas, gula merah, air bekas cuci beras, dan bonggol pisang yang sebelumnya dihaluskan dan kemudian direbus. (bud/zal)

Silakan beri komentar.