Dispendukcapil Cuma Libur 2 Hari

318
LAYANAN CEPAT: Dengan tambahan alat baru dan juga personel, Disdukcapil Banjarnegara memastikan pelayanan administrasi kependudukan bisa cepat selesai. (HERU SUGENG P/RADAR BANYUMAS)
LAYANAN CEPAT: Dengan tambahan alat baru dan juga personel, Disdukcapil Banjarnegara memastikan pelayanan administrasi kependudukan bisa cepat selesai. (HERU SUGENG P/RADAR BANYUMAS)

RADARSEMARANG.COM, BANJARNEGARA-Pemudik bisa memanfaatkan kesempatan mengurus administrasi kependudukan saat kembali ke kampungnya, Banjarnegara. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapill) Kabupaten Banjarnegara, Imam Kusharto mengatakan, pengurusan dokumen kependudukan akan dilayani hingga H-1 jelang hari raya Idul Fitri 1439 nanti. “Hanya libur dua hari,” katanya.

Imam beralasan, hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat Banjarnegara yang setiap harinya berada di luar daerah mengurus dokumen kependudukannya. Mulai dari KTP elektronik, kartu keluarga, akta kelahiran, dan semua hal yang berkaitan dengan administrasi penduduk. Terlebih, dikatakannya, masyarakat perantau yang berada di luar daerah jumlahnya tidak sedikit.

Pada Ramadan kali ini, lanjut Imam, ada peningkatan jumlah pengurusan administrasi kependudukan di kantornya. Rata-rata per hari melayani 200 hingga 250 orang. Meski ada kenaikan pemohon, ia menjamin pelayanan tidak terganggu. Pasalnya, saat ini Disdukcapil telah mendapat tambahan alat serta personel. Sehingga pelayanan berjalan lebih cepat.

Salah satu tambahannya adalah alat cetak baru. Saat ini, Disdukcapil memiliki lima alat tersebut. Masing-masing alat dapat mencetak dokumen kependudukan hingga 250 lembar perharinya. “Kami bisa cetak ribuan lembar perharinya,” ujar Imam. Dengan kapasitas cetak berkisar 1.250 hingga 2.000 lembar perhari maka pelayan bisa lebih cepat. (her/jpg/ton)