RADARSEMARANG.COM, SOLO-Sampah harian Kota Solo mencapai 260 ton per hari. Jumlah tersebut dipastikan bertambah saat arus mudik dan balik Lebaran. Sebab itu, petugas kebersihan dipastikan bekerja ekstrakeras.

“Petugas kebersihan siap memberikan pelayanan pada masyarakat, khususnya di pusat keramaian dan daerah kunjungan wisata,” terang Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surakarta Pompi Wahyudi, Jumat (1/6).

Petugas kebersihan ini akan disebar di sejumlah jalan utama. Antara lain Jalan Adi Sucipto, Jalan Slamet Riyadi, dan Jalan Urip Sumoharjo.

Nantinya, petugas akan dibagi dalam tiga sif yakni pagi, sore, dan malam. Dengan demikian, diharapkan kebersihan Kota Bengawan bisa terus terjaga.

“Semua sarana dan prasarana pendukung juga akan dikerahkan. Tiga unit mobil sampah kami siapkan, plus 11 unit truk, dan 11 unit dump truk, serta empat unit amr roll disiagakan untuk memudahkan tim kebersihan,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surakarta Sri Wardhani Poerbowidjojo menjelaskan, saat Lebaran, tidak semua petugas kebersihan diberi waktu libur yang sama. Alias diterapkan jadwal piket. Mereka akan mendapatkan honor lembur. “Kalau yang satu libur yang lainya masuk. Ini memang perlu diantisipasi saat Lebaran jumlah sampah pasti meningkat,” kata dia. (ves/wa/jpg/ton)