Prioritaskan Pembangunan Infrastrutur Jalan dan Jembatan

358
JALAN RUSAK: Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, bersama Kepala DPU TARU Dinas Perhubungan, Kabupaten Pekalongan memantau langsung perbaikan jalan rusak di ruas jalan Kecamatan Doro hingga Kecamatan Kedungwuni. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JALAN RUSAK: Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, bersama Kepala DPU TARU Dinas Perhubungan, Kabupaten Pekalongan memantau langsung perbaikan jalan rusak di ruas jalan Kecamatan Doro hingga Kecamatan Kedungwuni. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM,  KAJEN – Memasuki dua tahun kepemimpinan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dan Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti, Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPU TARU) pada tahun 2018 ini memprioritaskan pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan dengan anggaran sebesar Rp 150 miliar yang berasal dari APBD II, APBD I dan APBN tahun anggaran 2018.

Adapun beberapa pembangunan infrastruktur yang akan di lakukan oleh DPU TARU Kabupaten Pekalongan pada tahun 2018, antara lain pembangunan pada jembatan Kali Genteng yang ada di Desa Kandangserang, Kecamatan Kandangserang sebesar Rp 6,3 miliar. Jembatan ini merupakan jembatan penghubung langsung Desa Kandangserang dan Bojongkoneng, yang ada di wilayah Kecamatan Kandangserang. Diharapkan dengan dibangunnya jembatan tersebut, bisa mendongkrak ekonomi warga masyarakat di Kecamatan Kandangserang.

Prioritas berikutnya pembangunan infrastruktur lainnya, yang dilakukan DPU TARU adalah peningkatan infrastruktur jalan sebesar Rp 20,7 miliar yang terdiri dari peningkatan jalan di jalan Bligo hingga jalan Podo sebesar Rp 5 miliar. Jalan Delegtukang–Tunjungsari sebesar Rp 1,7 miliar, jalan Karangdowo–Bugangan Rp 1,5 miliar, jalan Wuled–Delektukang sebesar Rp 1 miliar, dan jalan Dororejo hingga Rogoselo sebesar Rp 1,5 miliar, serta jalan raya Kedungwuni–Kutosari sebesar Rp 3,7 miliar.

Sedangkan bantuan sarana dan prasarana dari Pemerintah Propinsi Jawa Tengah sebesar Rp 32, 6 miliar meliputi peningkatan jalan Desa Kalijambe hingga Desa Bulaksari, Kecamatan Sragi, sebesar Rp 6 miliar. Peningkatan jalan Desa Karangdadap–Desa Kutosari, Kecamatan Karangdadap sebesar Rp 4,5 miliar. Peningkatan jalan Desa Petungkriyono hingga Desa Sikucing, Kecamatan Petungkriyono sebesar Rp 10 miliar. Peningkatan jalan Desa Karangjompo, Kecamatan Tirto hingga Desa Pecakaran, Kecamamatan Wonokerto, sebesar Rp 4 miliar.

Selain itu DPU TARU juga melakukan rehabilitas jalan dari Desa Tangkil hingga Desa Karangdowo, Kecamatan Wiradesa sebesar Rp 1 miliar. Desa Kertoharjo–Desa Karangdadap, Kecamatan Karangdadap sebesar Rp 4,5 miliar.  Desa Jajarwayang–Desa Karangjati, Kecamatan Wiradesa Rp 1 miliar. Desa Jrebengkembang–Desa Pegandon, Kecamatan Bojong Rp 1 miliar.

Adapun peningkatan jalan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler dengan anggaran sebesar Rp 80,2 miliar ada di peningkatan jalan Desa Sedayu–Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar sebesar Rp Rp 16,1 miliar. Jalan Desa Wangandowo–Desa Bukur, Kecamatan Bojong sebesar Rp 24,6 miliar. Jalan  Desa Wiradesa, Kecamatan Wiradesa hingga Desa Wonokerto, Kecamatan Wonokerto, sebesar Rp 12 miliar. Jalan Desa Kedungjaran hingga Desa Sragi, Kecamatan Sragi, sebesar Rp 18,7 miliar dan jalan Desa Kedungjaran hingga Desa Ringinpitu, Kecamatan Sragi, sebesar Rp 7,5 miliar.

Sedangkan untuk tata kelola dan pembangunan dalam kota, DPU TARU Kabupaten Pekalongan, akan membangun tugu batas kota selamat datang yang ada di Desa Rembun, Kecamatan Siwalan dengan anggaran sebesar Rp 1 miliar, pembangunan Tugu Adipura di Desa Tanjungsari sebesar Rp 300 juta dan pembenahan trotoar. (thd/adv/bas)