Latih Anak untuk Mandiri

215
BERMALAM : Siswa KB TK Mutiara Hikmah saat mendengarkan dongeng dari Kak Damar dalam kegiatan Pesantren Ramadan. (IST)
BERMALAM : Siswa KB TK Mutiara Hikmah saat mendengarkan dongeng dari Kak Damar dalam kegiatan Pesantren Ramadan. (IST)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Keceriaan dari wajah anak-anak terpancar ketika mengikuti Pesantren Ramadan yang diselenggarakan KB TK Mutiara Hikmah dalam rangka menanamkan karakter keislaman dan kemandirian peserta didik. Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada 30-31 Mei 2018 dengan tema “Anak Islam Harus Puasa dan Harus Mandiri” ini, anak bermalam di sekolah.

Kepala KB TK Mutiara Hikmah Ani Misadani menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan pesantren dengan menginap untuk memberikan nuansa lain kepada anak-anak yang biasanya dibimbing oleh orang tua di rumah.  Acara dikemas dengan beberapa kegiatan, di antaranya menghadirkan pendongeng Kak Damar. “Selain itu kegiatan yang dilaksanakan adalah permainan mengasah ketangkasan siswa dan salat tarawih berjamaah.”

Kegiatan melatih karakter kemandirian, kegiatan ini sangat penting bagi proses perkembangan siswa. Sarana pelatihan kemandirian dapat dirasakan atau dialami oleh anak, di mana selama menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan, orang yang berpuasa melakukan rutinitas bangun subuh melawan kantuk untuk melaksanakan ibadah sahur. (ima/ton)