33.392 Warga Terima Bantuan Non Tunai PKH

164
MENUNGGU: Ribuan warga Batang saat menunggu pencairan dana PKH. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)
MENUNGGU: Ribuan warga Batang saat menunggu pencairan dana PKH. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Sebanyak 33.392 warga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) tahap kedua. Penyaluran bantuan tersebut diserahkan Bupati Batang, Wihaji, di Pendopo Kabupaten,┬áKamis (31/5).

Wihaji dalam kesempatan tersebut meminta warga penerima manfaat untuk menggunakan uang tersebut dengan bijak dan hati-hati, sebab penggunaanya selain diawasi oleh pendamping juga tidak semua kebutuhan bisa dibeli kecuali sesuai peruntukanya.

“Ini merupakan program nasional yang anggaranya dari Pemerintah Pusat dan Pemda hanya pelaksana teknis di lapangan, jadi saya harapkan ini bisa benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang, Joko Tetuko, mengatakan dalam setahun ada empat tahap penyaluran bantuan PKH dengan total anggaran mencapai Rp 66 miliar. Dia menyebut, masing-masing akan menerima Rp 1,8 juta dan maksimal Rp 2 juta yang terbagi dalam empat tahap penyaluran.

“Jumlah besaranya yang diterima oleh penerima manfaat yang tahu hanya pemerintah pusat, kita tidak tahu karena mereka yang pegang datanya dan langsung ditransfer ke masing-masing penerima,” ujarnya.

Warga miskin kita, lanjut dia, saat ini menurut Basis Data Terpadu (BDT) tercatat ada 75 ribu kepala keluarga yang tersebar di 15 kecamatan dan harapanya dengan adanya bantuan PKH ini bisa turut serta menurunkan angka kemiskinan.”Kita ingin jumlah penerima bantuan PKH ini terus meningkat karena tingkat kemiskinan kita masih lumayan banyak,” harapnya.

Terpisah, Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Batang, Purnomo Edi menuturkan, jumlah penerima manfaat bantuan PKH tahun 2018 meningkat dibanding tahun sebelumnya.”Di tahun 2017 penerima manfaat tercatat ada 21 ribu orang, sekarang jumlah tersebut meningkat sebanyak 13 ribu lebih atau sebanyak 33.392 orang,” ungkapnya.

Lalu kata dia, jumlah pendamping program PKH di Kabupaten Batang sebanyak 114 orang, dimana masing-masing pendamping melakukan pengawasan kepada penerima manfaat maksimal 450 orang.

Sementara itu, Rustringsih, satu diantara warga penerima manfaat PKH mengaku senang dengan adanya pencairan bantuan yang langsung masuk rekening.”Iya saya senang, sebab ini sudah mendekati lebaran jadi bisa meringankan beban meski penggunaan uang tersebut tidak bisa sembarangan,” tuturnya. (han/bas)