Keragaman Budaya Penyokong Wisata

196

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-DPRD meminta Pemprov dan pemerintah daerah terus berinovasi meningkatkan potensi wisata di Jateng. Sebab, pariwisata Jateng sangat beragam dan unik karena disokong oleh keragaman budaya serta banyak pilihan. Itu nilai lebih yang bisa dijual dan bisa menjadi daya tarik di publik.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Ahmadi, mengatakan bahwa potensi wisata di Jateng sangat beragam. Bahkan, setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaan yang bisa mendongkrak potensi wisata di daerah masing-masing. “Tinggal bagaimana pemerintah berinovasi, agar potensi itu bisa lebih maksimal,” katanya.

Ia menambahkan, kekayaan dan keragaman budaya harus terus dilestarikan. Karena itu merupakan ciri khas yang membedakan dengan daerah lainnya. Event pergelaran budaya harus lebih ditingkatkan agar bisa dinikmati semua orang. “Keberagaman dan budaya harus dijaga, agar generasi muda tidak melupakannya,” ujarnya.

Ahmadi yakin pariwisata di Jateng akan terus eksis dan tak akan mati. Tinggal bagaimana pemerintah bisa mengemasnya agar semakin menarik. Karena seberapa besarpun potensi, jika tak diimbangi dengan inovasi dan promosi jelas tak akan bisa maksimal. “Jika digarap maksimal, jelas bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” tambahnya.

Pemprov dan pemerintah kabupaten/kota harus bisa menjaga keragaman budaya lokasi di daerah masing-masing. Karena antar satu daerah dengan daerah lain memiliki ciri khas berbeda dan itu bisa menjadi daya tarik yang menjual bagi Jateng. Tinggal bagaimana local wisdom itu bisa lebih menarik dan bisa dinikmati khalayak public. “Perbedaan itu yang unik dan menjual, harus dikemas yang bagus agar lebih menarik,” tambahnya. (fth/ida)