Distribusikan BPNT, Pemerintah Siapkan 705 E-Warung

129

Usai di-launcing, Sekda bersama Kepala Dinas Sosial Andung Sutiyoso dan Pimpinan Cabang BRI Purwodadi Syafri Rakhmat menyerahkan kepada penerima warga penerima BPNT. Kemudian dilanjutkan pengambilan bantuan beras dan telor oleh waga dengan kartu kombo.

”Untuk mempermudah penyaluran BPNT di Kabupaten Grobogan telah disediakan 705 e-Warung yang tersebar di 280 Desa dari 19 Kecamatan,” kata Sumarsono.

Ia menjelaskan, program BPNT sebagai pengganti rastra. Sesuai jadwal Kementerian Sosial, penyaluran dilaksanakan pada Mei ini. Dengan demikian, program bansos rastra secara resmi diganti BPNT. Sedangkan alokasi BPNT pada Mei ini sebanyak 121.831 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Terdiri dari 63.722 KPM peserta PKH dan 58.109 KPM non PKH.

”Tiap KPM mendapatkan BPNT sebesar Rp 110 ribu perbulan yang hanya dapat dibelanjakan bahan pangan dan atau telur di e-Warung. Pengambilan menggunakan kartu kombo kerjasama dengan BRI,” ujarnya.

Sementara penyaluran bantuan BPNT dari BRI Purwodadi dilaksanakan mulai 25-31 Mei 2018. Selama pelaksanaan BPNT di tingkat Kecamatan dan Desa akan dibantu 170 pendamping dari Dinas Sosial. Yakni dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dam Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).

”Saya minta dibentuk tim koordinasi bansos pangan tingkat kecamatan dan disiapkan dana dalam susunan APBD Grobogan 2018,” tandasnya.

Kepala Dinas Sosial Grobogan Andung Sutiyoso mengatakan, bantuan nontunai yang diberikan hanya untuk pembelian beras dan telur atau salah satunya. Selain itu, tidak bisa. Penyaluranya dimulai Mei ini sebagai penggantian bantuan rastra.

”Terkait dengan daftar BPNT yang penerima sama seperti penerima rastra. Kami juga lakukan update perbaikan data. Ini jika ada yang meninggal atau warga kurang mampu lainnya akan segera dilaporkan,” terang dia.

Pimpinan Cabang BRI Purwodadi Syafri Rakhmat mengatakan, program BPNT telah di-support di setiap e-Warung dengan memberikan mesin Mesin EDC (Electronic Data Capture) secara gratis. Selain itu, juga memberikan jatah pulsa tiap bulanya.

”Program mesin EDC ini dari BRIlink juga bisa untuk pembayaran lainya. Bisa untuk bayar listrik, kredit, penarikan tunai dan yang lainya,” tandasnya.

(ks/mun/him/top/JPR)

Silakan beri komentar.