Disdikbud Manfaatkan Tarling Promosikan Museum

390
Gatot B Hastowo (ISTIMEWA)
Gatot B Hastowo (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Momen Ramadan dimanfaatkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah untuk mempromosikan salah satu aset dan destinasi wisata yang dimiliki oleh Jateng yakni Museum Ronggowarsito.

Kepala Disdikbud Jateng, Gatot B Hastowo melalui Kasi Kesiswaan Bidang Pembinaan SMA, Sugeng Alal menjelaskan bahwa kegiatan ini dalam rangka tarawih keliling (tarling) yang diselenggarakan oleh Badan Amalan Islam (BAI) Provinsi Jateng.

“Karena Museum Ronggowarsito juga merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Disdikbud Jateng. Disdikbud memilih Museum Ronggowarsito sekaligus mengenalkan lagi tentang wisata edukasi ini,” tuturnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (30/5).

Menurutnya, Museum Ronggowarsito selain menjadi kebanggaan Kota Semarang, telah dikenal lebih luas oleh masyarakat di Jawa Tengah. Diharapkan, dengan memilih museum sebagai lokasi pelaksanaan tarling, turut mendorong peserta yang hadir mengajak masyarakat luas untuk mengunjungi museum.

“Karena disini tidak hanya untuk wisata, tapi juga untuk edukasi. Karena museum merupakan tempat yang baik untuk edukasi maupun penelitian dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Menurutnya, tarling yang terselenggara di Disdikbud tidak boleh terus terpusat di kantor yang berada di Jalan Pemuda Nomor 134 Kota Semarang saja. Namun harus menyesuaikan dengan nama kegiatan yakni tarawih keliling sehingga tempatnya pun dilakukan di masing-masing UPT Disdikbud Jateng yang berada di Kota Semarang. “Harus muter di titik-titiknya dinas. Untuk museum ini, harapannya dapat lebih mengangkat namanya lagi,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, bertindak sebagai penceramah adalah Prof Dr Suparman Syukur MAg dari UIN Walisongo. Hal ini merupakan bentuk kerjasama da’i Jateng dengan da’i yang di Disdikbud Jateng. (tsa/adv/ida)