SMPN 1 Magelang Terbaik se-Jateng

254

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – SMPN 1 Kota Magelang berhasil meraih hasil terbaik dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) se-Provinsi Jawa Tengah. SMPN 1 Kota Magelang berhasil membukukan nilai rata-rata sekolah tertinggi di Jawa Tengah, yakni 350,10.

Kepala SMPN 1 Kota Magelang Nur Wiyono SN saat pengumuman kelulusan di hadapan siswa dan orangtua kelas IX mengatakan, dari hasil UNBK juga diketahui bahwa 234 siswa kelas IX SMPN 1 Kota Magelang dinyatakan lulus 100 persen. “SMPN 1 meraih nilai rata-rata sekolah tertinggi di Jawa Tengah, yakni 350,10 dan kemungkinan peringkat 1. Namun, peringkat ini sebenarnya tidak diumumkan oleh dinas di provinsi. Tapi, di grup sekolah RSBI se-Jawa Tengah saling berbagi nilai yang didapat dan sekolah kita yang meraih nilai tertinggi,” kata Nur Wiyono.

Hasil tersebut makin meneguhkan SMPN 1 Magelang masih menjadi yang terbaik di Jawa Tengah. Prestasi tersebut, menurut Nur Wiyono, berkat kerja keras banyak pihak, dari guru, orang tua, komite hingga Pemkot Magelang yang komitmen untuk mempertahankan prestasi.

“Nilai ini juga sekaligus menegaskan pada para siswa dan orang tua agar tidak perlu khawatir tentang sistem zonasi yang diterapkan pada PPDB tingkat SMA. Kami yakin anak-anak bisa melanjutkan ke SMA yang menjadi keinginannya tanpa terhalang oleh sistem zonasi,” imbuh Nur Wiyono.

Sementara, Kepala Disdikbud Kota Magelang Taufik Nurbaik mengungkapkan, untuk tingkat provinsi memang tidak disampaikan pemeringkatan dari nilai tertinggi sampai terendah. “Di Kota Magelang pun sebenarnya tidak ada pemeringkatan. Tapi, karena sekolahnya hanya 23 negeri dan swasta, maka hanya diurutkan saja nilainya dari yang tertinggi sampai terendah. Yang jelas, kami sangat mengapresiasi SMPN 1 Magelang yang meraih prestasi luar biasa di tahun akademik ini,” tukas Taufik. (had/ton)