PENDIDIKAN ANTIKORUPSI : Rektor Unwahas, Prof Dr Mahmutarom HR menjadi pemateri Pendidikan Antikorupsi bersama Ketua Satgas Dana Desa Kemendes PDTT, Dr Bibit Samad Rianto di kampus Unwahas. (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PENDIDIKAN ANTIKORUPSI : Rektor Unwahas, Prof Dr Mahmutarom HR menjadi pemateri Pendidikan Antikorupsi bersama Ketua Satgas Dana Desa Kemendes PDTT, Dr Bibit Samad Rianto di kampus Unwahas. (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Melihat perekonomian Indonesia yang belum merata, tidak heran jika banyak anak Indonesia yang tidak dapat melanjutkan studinya hingga perguruan tinggi. Karena itulah, Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) menyediakan program Beasiswa Bidikmisi, bagi mahasiswa baru (Maba) yang berkesempatan meraihnya.

“Bidikmisi adalah beasiswa kuliah dari Pemerintah RI melalui Kemenristek Dikti. Beasiswa kuliah ditujukan bagi para calon mahasiswa yang kurang mampu secara finansial, namun memiliki potensi akademik,” kata Rektor Unwahas, Prof Dr Mahmutarom HR di sela-sela acara Pendidikan Antikorupsi bersama Ketua Satgas Dana Desa Kemendes PDTT, Dr Bibit Samad Rianto di kampus Unwahas, kemarin.

Sedangkan Dekan Fakultas Hukum (FH) Unwahas, Dr Mastur menambahkan bahwa beasiswa bidikmisi di kampus Unwahas tahun 2018 diperuntukkan bagi calon mahasiswa di 11 program studi. Di antaranya, manajemen, akuntansi, ekonomi Islam, ilmu politik, hubungan internasional, hukum, agribisnis, pendidikan agama Islam, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, muamalat, pendidikan guru PJKR (Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi), dengan jumlah kuota sebanyak 136 calon mahasiswa baru yang terpilih. “Untuk pendaftarannya secara online melalui https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, terhitung dari 27 April hingga 7 Juli 2018,” kata Mastur kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (28/5).

Diakuinya, saat ini Fakultas Hukum Unwahas, mendapat jatah lumayan banyak sekitar 25 kuota. Sangat disayangkan apabila calon mahasiswa baru tidak mengambil program tersebut. Dijelaskannya, bantuan dana beasiswa ini, berupa uang kuliah yang dibayarkan secara langsung kepada perguruan tinggi dan uang saku serta tunjangan buku yang diberikan langsung pada mahasiswa setiap satu semester sekali.

“Pendaftaran bidikmisi maksimal sebelum memasuki semester 2 perkuliahan. Info lebih lanjut bisa menghubungi +6281575528245 atau +6285640190907, untuk panduannya bisa akses; http://unwahas.ac.id/donlotfileberita.php?file=PERATURAN_BEASISWA_BIDIKMISI_2018.doc,” jelasnya.

Mastur juga membagikan tips, bagi calon mahasiswa baru agar berhasil memperoleh beasiswa. Di antaranya, setiap calon mahasiswa harus memastikan dirinya memiliki kelebihan dibanding dengan calon penerima beasiswa lain. Mampu menunjukkan prestasi apa yang sudah dimiliki dalam dokumen yang akan dikumpulkan. Setelah itu, meningkatkan pengetahuan yang berkaitan dengan program beasiswa yang diminati.

“Terakhir tingkatkan juga kemampuan kamu untuk berkomunikasi sebagai senjata saat melalui proses wawancara agar menjawab interview beasiswa bisa lancar, baik dan benar,” sebutnya. (jks/ida)