RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Dua pekan menjelang Idul Fitri, tiket Kereta Api (KA) H+3 dan H+4 atau tanggal (19/6) dan (20/6) keberangkatan dari wilayah PT KAI Daop 4 Semarang, sudah ludes terjual. Tiket KA tersebut tujuan Jakarta dan Bandung, untuk KA Tambahan Leberan maupun KA reguler.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suparpto mengatakan, animo masyarakat pada musim mudik tahun ini untuk menggunakan KA cukup besar. KAI sendiri pada masa angkutan Lebaran 2018 sedikitnya ada 144 perjalanan KA. “Tiga KA  diantaranya adalah KA tambahan yang berangkat dari Daop 4 Semarang, sementara 8 KA tambahan lainnya adalah KA yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang,” katanya kemarin.

Sementara itu untuk puncak arus mudik di wilayah PT KAI Daop IV Semarang diperkirakan terjadi mulai 13 Juni atau H-1 Lebaran 2018 yang jatuh pada 14 Juni. Ia menjelaskan, saat ini rata-rata okupansi KA jarak jauh dan jarak menengah telah mencapai 70 persen. “Okupansinya sudah mencapai 70 persen, masyarakat sudah melakukan pemesanan pada H-90 atau Maret lalu,” ujarnya.

Lalu untuk KA jarak pendek atau KA lokal, lanjut Suprapto, okupansinya baru mencapai 18 persen. Sistem pemesananya sendiri bisa dilakukan H-30 dan H-7 sebelum kebarangkatan. Selain itu selama musim mudik ini, dirinya mewaspadai 12 titik di wilayahnya yang rawan akan banjir dan longsor. Ke-12 titik ini berada diantara jalur Tegal, Semarang, Cepu dan Gundih.

“Sebanyak 12 titik longsor ini semua dilalui sungai besar, kami sudah menyiapkan management krisis untuk melakukan antisipasi. Terkait persiapan lain, sebelum angkutan Lebaran semua dipastikan selesai dilakukan,”jelasnya.

Manajemen kriris yang dilakukan, lanjut dia adalah menyiapkan alat material untuk siaga atau Amus, yakni eksavator, alat pemadatan badan rel jenis PBR ataupun MTT mensiagakan flying gank di titik-titik strategis yang siap siaga selama 24 jam yang terbagi tiga shift. “Pada Amus ini sudah diisi material berupa karung, batu potongan rel dan lainnya. Bahkan siap ditarik ketempat atau titik tadi yang sewaktu-waktu longsor,” ucapnya. (den/zal)